Follow Us

Dibuat dari Tanaman Mirip Kertas, Panel Akustik Ini Dapat Terurai Alami

Rebi - Minggu, 10 Februari 2019 | 17:30
Acoustic Pulp
Dezeen

Acoustic Pulp

IDEAonline - Produk arsitektur merek Baux bekerja dengan tim ilmuwan yang berspesialisasi dalam biomimikri untuk membuat garis panel akustik yang dapat terurai secara hayati atau biodegradable.

Terbuat dari bahan berbasis tanaman baru yang mirip kertas, seri sembilan panel dikembangkan dengan studio desain industri Swedia, Form Us With Love, bekerja sama dengan para ilmuwan dari Royal Institute of Technology (KTH).

Bahan pulp bebas-kimia baru ini didasarkan pada penelitian selama lebih dari 25 tahun dan membentuk serat selulosa yang dimodifikasi secara organik yang diambil dari aliran daur ulang pohon pinus dan cemara Swedia.

Kayu tersebut pertama-tama dipecah menjadi bentuk selulosa cair sebelum pulp ini dikeringkan, dalam proses yang mirip dengan pembuatan kertas.

Baca Juga : Tetap Adem Meski Tanpa AC, Intip Inspirasi Desain Rumah Tropis Brutalis di Bali

Serat kayu kemudian dimodifikasi untuk meniru sifat pelindung alami dari berbagai tanaman seperti sifat tahan api akar rumput, ketahanan air bunga lotus, atau kekuatan kombinasi katalitik kentang, lilin tanaman dan buah jeruk.

Tim awalnya bereksperimen dengan mencampur kulit udang, tetapi ini tidak terbukti cukup kuat dan mereka tidak dapat menemukan rantai pasokan yang berkelanjutan untuk bahan ini.

Diluncurkan selama Stockholm Design Week yang berlangsung hingga 10 Februari, panel menampilkan satu dari tiga pola yang dipotong menggunakan teknologi pemotongan laser canggih.

Panel dengan garis indentasi lurus disebut Sense, sementara Pulse dan Energy keduanya memiliki permukaan zig-zag.

Acoustic Pulp
Dezeen

Acoustic Pulp

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest