Follow Us

Manfaatkan Potensi Limbah, Desainer Belanda Ciptakan Karpet dari Sepatu Tua Adidas

Rebi - Jumat, 15 Februari 2019 | 09:00
Stripped Back Stripes
Dezeen

Stripped Back Stripes

IDEAonline - Desainer Belanda Simone Post menciptakan serangkaian karpet grafis dari sepatu latihan, salah satu produk fashion paling sulit untuk didaur ulang, untuk raksasa pakaian olahraga Adidas.

Post diundang untuk membuat karpet Stripped Back Stripes untuk toko Adidas baru di Paris setelah perusahaan pakaian olahraga melihat beberapa karyanya sebelumnya dengan tekstil daur ulang.

Alih-alih bekerja secara langsung dengan potongan dari proses pembuatan, seperti yang telah dilakukannya dengan kolaborasi sebelumnya, Post memilih untuk fokus pada menemukan cara untuk menggunakan kembali sepatu olahraga tua.

"Apa yang sangat menarik tentang bekerja dengan sepatu adalah bahwa itu menjadi pasar yang jauh lebih besar baru-baru ini," kata Post kepada Dezeen.

"Sepatu olahraga bukan hanya untuk olahraga, tetapi orang-orang hanya memakainya sepanjang waktu. Hampir setiap orang memiliki sepasang," lanjuynya.

Baca Juga : Dapur Berwarna Putih Bisa Tampil Lebih Menarik, Inilah 7 Caranya

Dia menemukan bahwa sepatu latihan adalah produk yang paling sulit untuk didaur ulang karena terbuat dari begitu banyak komponen yang berbeda, seringkali melibatkan berbagai jenis plastik keras dan lunak, logam dan tekstil disatukan dengan lem yang sangat kuat.

"Ini adalah bahan yang sangat sulit untuk dikerjakan, karena tidak mungkin memisahkan yang satu dengan yang lain," kata Post. "Jadi kami bekerja sama dengan I: CO, sebuah perusahaan Jerman yang berspesialisasi dalam daur ulang sepatu."

"Mereka pertama-tama merobek seluruh sepatu, dan setelah proses merobek-robek mereka mulai membagi bahan menjadi kualitas yang berbeda," jelasnya.

"Jadi, Anda mendapatkan pecahan debu dengan banyak limbah tekstil dan juga satu dengan plastik yang lebih keras dan satu dengan plastik yang lebih lembut. Dengan butiran-butiran itu kita bisa membuat karpet," tambahnya.

Halaman Selanjutnya

Dezeen Stripped Back Stripes
1 2 3

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest