Follow Us

Ruang yang Bersahabat dengan Alam

Febrina Syaifullana (@vinna_mooo) - Selasa, 30 April 2013 | 00:03
Ruang yang Bersahabat dengan Alam
Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

Ruang yang Bersahabat dengan Alam

Sosok bangunannya memanjang dari selatan ke utara. Bagian selatan jadi fasad, yang utara bagian belakang bangunan. Bentuknya mengimbangi sumbu lahan, yang memanjang dari selatan, berkontur menurun ke utara.Rumah ini bermain komposisi masif.Kesan pertama melihatnya, ini rumah transparan dan banyak bukaan.

Menurut Alexander Santoso, principalarchitect dari Wastu Cipta Prama,bangunandidesain dengan vista spektakuler; membentuk vista layaknya foto dengan angle panorama. Melingkar 360 dari dalam rumah ke arah lembah. Rumahpun memiliki banyak bukaan dengan view lembah.

Liana, sang pemilik, menyebut bukaan sebagai keistimewaan. Jika jumlahnya banyak, sirkulasi udara jadi lancar dan penataan ruang lebih leluasa. Terdapat bukaan-bukaan, yang mengalirkan udara di bagian atas dinding, sehingga udara terasa segar. Pada dinding juga dibuat jendela yang lebar, sebagai bagian dari elemen yang membentuk massa bangunan.

Penataan massa yang teratur berpengaruhpada penataan tata ruang. Ditampilkan dengan penempatan massa tiga lantai di belakang dan dua lantai padaarah masuk.Massa tiga lantai di bagian belakang dibagi menjadi tiga fungsi lantai yangberbeda. Ada semi-basement, yang diisi oleh ruang servis dan ruang bermain. Kemudian, lantai satu dengan ruang keluarga,ruang makan, dan dapur; lalu lantai dua untuk kamar tidur, kamar mandi,ruang baca, dan ruang rias.

Dengan konsep massa yang rapi, ruangan dalam rumah menjadi terang.Unsur transparansi dan massa yang tertata adalah salah satu solusi pendekatan modern.Penggunaan material bangunan disusun berdasarkan komposisi warna. Tim arsitek memainkan karakter bahan yang berbeda untuk mencapai keseimbangan komposisi. Pada sisi timur bangunan,dinding terlihat dominan. Ada permainan kaca, yang mempertegas komposisi ma-Desain masterpiece tak hanyamenampilkan bentuk bangunanyang indah, namun juga aktivitas di dalamnya. Fungsi dan bentuk pun terlihat serasidan menyatu.Komposisi hijau pepohonan, biru langit, dan gemerlap cahaya lampu kota Bandung tersaji didinding-dinding rumah yang transparan. Alam jadi bagian tak terpisahkan.

Foto: iDEA/Richard Salampessy

Arsitek: Alexander Santoso dari Wastu Cipta Prama

Lokasi: Rumah Irwan & Liana, Dago,Bandung

Sumber: iDEA BOOKS, "Rumah Masa Kini"

Editor : Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

Latest