Follow Us

Kontinuitas Warna Ciptakan Ilusi Meluaskan Ruang

Anissa Q. Aini - Rabu, 31 Juli 2013 | 00:00
Kontinuitas Warna Ciptakan Ilusi Meluaskan Ruang
Anissa Q. Aini

Kontinuitas Warna Ciptakan Ilusi Meluaskan Ruang

Bikin warna yang senada antara dinding dan lantai, cukup efektif membuat ruangan tampak lebih luas. Pilih warna-warna netral yang memantulkan cahaya. Putih, krem, dan warna pucat lainnya. Hasilnya, ruangan pun jadi lebih terasa luas.

Desainer interior Amerika Serikat, Catherine C. Crane, dalam bukunya Personal Places; How to Make Your Home Your Own, menyebutkan bahwa kesinambungan warna juga berlaku untuk furnitur. Pilih warna senada untuk furnitur-furnitur besar dengan dinding atau lantai, sehingga tampilannya seolah menyatu dengan ruangan. Kesan menyatu inilah yang bikin ruangan terasa lebih lega.

Efek yang sama berlaku juga untuk kusen jendela, yang warnanya dibuat senada dengan dinding. Dalam buku yang sama juga disebutkan bahwa dengan warna yang serba senada, ruangan jadi seperti kanvas yang siap dilukis. Lalu pakai apa ya "melukisnya"?

Kita bisa menghias "kanvas" tadi dengan warna-warna cerah yang didapat dari berbagai pernik aksesori. Untuk membuat suasana lebih "hidup" bisa juga menambahkan tekstur. Pada lantai bisa dengan menambahkan karpet. Untuk dinding bisa diciptakan permukaan kasar dengan kamprot. Seru, kan?

Lokasi: Unit Contoh Mansion @ Kemang, Prapanca, Jakarta Selatan

Editor : Anissa Q. Aini

Latest