Follow Us

Ruang Makan Kolonial Padat Koleksi Antik, Menarik!

Devi F. Yuliwardhani - Jumat, 21 Desember 2012 | 10:53
Ruang Makan Kolonial Padat Koleksi Antik Menarik!
Devi F. Yuliwardhani

Ruang Makan Kolonial Padat Koleksi Antik Menarik!

Oetomo sang pemilik rumah sangat menyukai barang-barang antik, terutama yang berbau etnik Cina. barang yang dikumpulkan iniRuang makan untuk jamuan makan besar yang tampak menawan dengan tiga lampu di atasnya. Oetomo menatanya untuk menyambut imlek. Ada hiasan kebaya pada sandaran kursi. Peralatan makan pun berupa barang-barang kolonial peranakan. Di salah satu sisi terdapat cermin seukuran dinding yang memberi kesan ruang lega dua kali lipat.

Ada hal yang harus diperhatikan saat akan menempatkan barang antik. Agar awet dan terhindar dari debu, tempatkan benda-benda koleksi seperti baju-baju dan sepatu dalam bingkai berkaca. Pajangan jadi terlihat indah, dan jika ada kerusakan cepat terdeteksi. Jika benda-benda itu harus masuk gudang., beri kode secara jelas dan sistematis agar mudah didapatkan jika diperlukan.

Agar terlihat ada impact-nya, benda sejenis dapat dikelompokkan pada satu tempat. Tempatkan sebagian benda koleksi di dalam lemari. Upayakan lemari ini juga antik agar menjadi elemen dekoratif juga. Jadi, lemari jadi daya tarik, benda koleksi pun enak dipandang.Foto : Dok.iDEALokasi : Hunian D.Oetomo, Tebet, Jakarta

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest