Follow Us

Tips Pencahayaan yang Tepat untuk Ruang Makan

Maulina Kadiranti - Rabu, 25 Februari 2015 | 07:00
Tips Pencahayaan yang Tepat untuk Ruang Makan
Maulina Kadiranti

Tips Pencahayaan yang Tepat untuk Ruang Makan

iDEAonline.co.id- Meskipun sering terlupakan, pencahayaan memiliki peran penting untuk membangun suasana. Jangan sampai kegiatan makan terganggu hanya karena buruknya pencahayaan. Berikut ada beberapa tips pencahayaan yang tepat untuk ruang makan.

Di ruang manapun, cahaya merupakan salah satu faktor kenyamanan. Terang saja tak cukup, karena adanya skema khusus agar penglihatan tak terganggu.

Termasuk pencahayaan pada ruang makan. Fokus dalam ruang makan terletak pada meja makan. Apapun makanan yang terhidang dan interaksi seperti apapun yang terjadi, harus bisa didukung dengan pencahayaan yang fleksibel. Cek tipsnya berikut ini!

1. Jaga agar cahaya yang dipancarkan cukup lembut dan halus, tapi juga tidak terlalu redup.

2. Gunakanlah lampu gantung, karena baik untuk menghadirkan fokus.

3. Gantung lampu di posisi yang rendah, untuk menghindari silau. Tapi, jangan terlalu rendah. Karena bisa menghalangi pandangan sekitar meja.

3. Lampu tambahan seperti wallscone memberi efek yang baik dan membuat ruangan terasa lebih lega dan terbuka. Lampu meja atau standing lamp bisa dijadikan alternatif untuk memberikan efek serupa.

4. Downlight, sebaiknya tidak digunakan di sekitar area makan. Karena sulit untuk menemukan posisi yang tepat untuk menghindar silau.

5. Berikan aksen cahaya pada benda-benda pajangan pada dinding atau rak di sekitar area makan yang melengkapi dekorasi.

Sumber: kompas.com

Foto: fazook

Editor : Maulina Kadiranti

Latest