Follow Us

Kreasi Dapur Compact di Rumah Mungil

Devi F. Yuliwardhani - Jumat, 22 November 2013 | 08:00
Kreasi Dapur Compact di Rumah Mungil
Devi F. Yuliwardhani

Kreasi Dapur Compact di Rumah Mungil

Rumah ini tergolong mungil, dengan lebar hanya 6m dan panjang 13,5m. Penataan ruang harus benar-benar tepat sehingga hubungan antar ruang dalam rumah tidak menjadi sesak.

Hal inilah yang dioptimalkan oleh Fajar Setiawan (36), salah satu sudut ruang dalam rumahnya dia olah menjadi sebuah dapur yang compact. Dilengkapi dengan meja tipe island yang dimanfaatkan sebagai meja makan untuk keluarga kecilnya.

Material penyusunnya? Fajar mengoptimalkan sisa industri berupa kayu-kayu palet yang merupakan sisa peti kemas. Memang kayu sisa peti kemas tidak berbentuk utuh, terutama banyak lubang bekas pakunya. Namun hal inilah yang menggemaskan dirinya.

"Saya merasa bahwa lubang paku di kayu bekas peti kemas itu menarik. Selain kayu sendiri sudah memiliki tekstur yang menawan, bekas lubang paku lebih membuatnya eksotis," tutur Fajar.

Karena meja island yang melengkapi dapur ini termasuk tinggi, Fajar meletakkan sepasang kursi bar untuk melengkapi meja makannya tersebut. Lagi-lagi kursi ini merupakan karyanya sendiri. Fajar mengombinasikan antara besi-besi bekas dan kayu palet untuk membuat kursi-kursi bar tersebut.

Menciptakan dapur dalam rumah tidak harus mahal dan mewah, dengan barang-barang sisa, Anda dapat menciptakan sesuatu yang baru di dalam dapur rumah mungil Anda. Sungguh unik!

Foto: iDEA/Adeline Krisanti

Arsitek : Fajar Setiawan

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest