Follow Us

Dapur Terang dengan Teknik Pencahayaan Langsung

Devi F. Yuliwardhani - Sabtu, 28 Desember 2013 | 06:00
Dapur Terang dengan Teknik Pencahayaan Langsung
Devi F. Yuliwardhani

Dapur Terang dengan Teknik Pencahayaan Langsung

Cahaya langsung dapat mempertegas batas-batas aktifitas, seperti makan, membaca, berbincang-bincang, ataupun menegaskan garis sinar dan bayangan pada bidang yang disinarinya. Dengan permainan yang cermat pada peletakkan titik cahaya langsung akan memberikan efek tegas, fungsional, serta nyaman. Sebagai contoh, Anda dapat memberikan cahaya langsung pada ruang makan sekaligus dapur. Lampu gantung dapat menjadi alternatif pilihan yang tepat untuk memberikan cahaya langsung pada bidang island di bawahnya.

Cahaya langsung pun bisa dimanfaatkan untuk mempertegas bentuk kabinet atas. Begitu pula dengan kabinet untuk mengolah makanan, yang memerlukan aksesibilitas visual maksimal tapi tidak menyilaukan. Cahaya pada bagian ini jangan terlalu kuat, sehingga menampilkan bayangan yang mengganggu. Salah satu efek dari pencahayaan langsung adalah bidang yang tidak tersinari. Bidang-bidang tersebut akan menimbulkan dua jenis efek, yaitu bayangan (shadow) dan bangang-bayang (shade).

Permainan cahaya langsung memunculkan efek bayangan kuat, sedangkan cahaya tak langsung menimbulkan efek gradasi dan bayang-bayang pada bidang yang tak terkena cahaya. Pada efek cahaya tidak langsung mengesankan suasana yang santai. Ini dikarenakan pencahayaan lebih lembut dan memberikan gradasi pada bidang yang disinarinya. Sebaliknya, untuk memunculkan ketegasan bentuk, gunakanlah lampu dengan pencahayaan langsung.

Inilah kunci untuk mencapai kualitas ruang yang Anda impikan. Cermat dan tepat dalam peletakan titik cahaya dan paham akan pengaruhnya pada bidang yang disinari.

Foto: Dok. iDEA/Martin

Properti: Metric Kitchen, Jakarta

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest