Follow Us

Melukis Pada Dinding Interior? Kenapa Tidak?

Devi F. Yuliwardhani - Senin, 02 September 2013 | 10:00
Melukis Pada Dinding Interior Kenapa Tidak
Devi F. Yuliwardhani

Melukis Pada Dinding Interior Kenapa Tidak

Kemajuan teknologi dan pengaplikasian material yang semakin modern seolah memanjakan kita dengan ragam kemudahan. Untuk cat dekoratif dulu kita lebih bermain pada pengaplikasiannya, sekarang meskipun teknik ini masih sering digunakan namun masyarakat dipermudah dengan adanya cat-cat dekoratif yang materialnya memang bertekstur. Kita hanya perlu mengaplikasikannya dengan roller selayaknya mengecat dengan cat biasa. Memang perbedaan yang terlihat tidak terlalu signifikan namun detail dan kerumitan motiflah yang akan menjawab.

Menghadirkan karya seni pada ruangan bisa jadi pilihan yang menarik, Tengok dinding interior pada kamar anak ini. Menarik bukan? Gambar kartun pada dinding ruang ini dibuat oleh seorang seniman yang memang benar-benar menjadikan dinding ini sebagai kanvasnya. Keuntungan dari wall painting adalah ragam motif dan warna yang digunakan, belum lagi motif yang digambar akan lebih mudah disesuaikan dengan bentuk dinding (fleksibel). Alat yang digunakan dalam melukis dinding dapat membantu kita untuk memberi efek tertentu. Jenis-jenisnya bervariasi tergantung dari bagaimana efek akan ditampilkan. Ibarat seniman tengah melukis, semua yang ada disekelilingnya dapat dijadikan alat. Mulai dari kuas, airbrush hingga jari tangan.

Untuk dinding interior usahakan menggunakan cat berbasis air. Biasanya cat dengan campuran air selain lebih murah juga tidak terbakar dan daya lekatnya pada dinding sangat kuat. Menggunakan cat minyak pada dinding interior berdampak pada proses pengeringan cat yang lama dan aroma yang ditinggalkan pun sangat menyengat.Kita perlu juga membedakan cat dekoratif dengan cat dinding biasa, Memang kita dapat menggunakan cat dinding biasa namun hasil akhirnya menjadi kurang optimal. Karenanya gunakan cat dekoratif dengan campuran acrylic sehingga tidak mudah terkelupas dan warna yang diaplikasikan terlihat lebih cerah.

Eksplorasi bakat melukismu tidak hanya di atas kanvas, namun jadikan dinding rumahmu sebagai media untuk berkreativitas. Namun, tidak serta merta kita dapat melukis sebebas-bebasnya, tetap harus mempertimbangkan konsep ruangan dengan desain gambar yang akan dilukis nantinya.

Foto : Dok.iDEATags : Cat, acrylic,mural,cat air,cat dekoratif

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest