Follow Us

Minim Dekorasi Demi Kamar Tidur yang Lebih Lapang

Anissa Q. Aini - Rabu, 09 Oktober 2013 | 08:00
Minim Dekorasi Demi Kamar Tidur yang Lebih Lapang
Anissa Q. Aini

Minim Dekorasi Demi Kamar Tidur yang Lebih Lapang

Kamar tidur yang ada di foto ini berukuran 3m x 3,8m. Pemiliknya ingin memiliki kamar tidur yang lapang, tidak pernuh dengan perabot. Itu sebabnya, di dalamnya hanya diisi dengan tempat tidur berukuran 180cm x 160cm, dan sebuah ambalan dan cermin sebagai pengganti meja rias.

Mengapa dipilih ambalan? Karena ambalan jauh lebih ringkas daripada menempatkan meja rias berukuran besar. Lagipula, penghuni kamar ini memang tidak terlalu memerlukan meja rias. Pasalnya ia laki-laki dan masih lajang. Ambalan pun dibuat dengan desain ramping dan sederhana. Sesederhana cermin tanpa bingkai yang digantung di dinding.

Di sisi tempat tidur ada jendela berukuran besar. Lagi-lagi sebuah trik untuk membuat ruangan tampak lapang. Jendela besar, memberikan jarak pandang yang lebih luas. Selain itu, ia juga memasukkan lebih banyak cahaya. Ruangan yang terang sudah pasti terasa lebih lega daripada ruangan yang gelap.

Sekarang kita tengok tempat tidurnya. Tak ada meja nakas maupun lampu tidur, di sisi kiri dan kanannya, layaknya kamar tidur utama pada umumnya. Sebagai gantinya cuma ada sebuah lampu di dinding. Lampu ini berfungsi menerangi bukua atau majalah yang kerap dibaca oleh pemilik kamar, sebelum beranjak tidur.

Tempat tidur juga didesain tanpa headboard. Hal ini disengaja, dalam rangka membuat ruangan ini tampil "sekosong" mungkin. Dilihat-lihat, dindingnya pun dibiarkan polos tanpa hiasan. Hal ini dilakukan untuk mempertegas kesan lapang yang ingin dimunculkan.

Untuk kaum hawa, tatanan kamar demikian, mungkin dirasa kurang nyaman. Tapi tak perlu khawatir, kaum perempuan juga bisa mengaplikasikan penataan seperti ini di kamar mereka. Tinggal beri sentuhan manis saja. Salah satu caranya dengan bermain warna. Misalnya, pilih bedding dengan warna yang lebih cerah. Pilih juga roman blind berwarna senada untuk jendela.

Ingin mengaplikasikan motif pun sebenarnya tak masalah. Asal tidak terlampau banyak. Aplikasikan saja di salah satu bagian kamar. Bisa memilih antara bedding, roman blind, karpet, atau salah satu dinding saja. Tertarik dengan penataan demikian? Coba lihat lagi kamar tidur Anda, perabot apa yang bisa dikeluarkan dari kamar?

Foto: iDEA/Tri Rizeki Darusman

Lokasi: Apartemen R. J. Yomi Wardana, Casablanca Mansion, Jakarta

Editor : Anissa Q. Aini

Latest