Follow Us

Cahaya Remang-Remang Cocok untuk Istirahat

Rasantika M. Seta - Minggu, 27 Oktober 2013 | 04:00
Cahaya Remang Remang Cocok untuk Istirahat
Rasantika M. Seta

Cahaya Remang Remang Cocok untuk Istirahat

Kenyamanan tentunya jadi faktor utama. Selain dari furnitur yang mendukung kebutuhan untuk beristirahat yang nyaman, cahaya juga tak kalah pentingnya. Suasana yang dibangun oleh cahaya mampu meningkatkan kualitas istirahat Anda di dalam kamar tidur.

Umumnya pencahayaan untuk tempat tidur bisa dibagi menjadi tiga. Yaitu pencahayaan general, lampu baca, dan lampu tidur. Pencahayaan general bisa didapatkan dari lampu downlight yang diletakkan di plafon. Bisa juga melalui indirect lighting dari balik drop ceiling. Bias-bias cahaya ini membangun suasana yang romantis. Pilihlah warna cahaya kuning untuk menghadirkan kesan hangat ke dalam ruangan.

Fungsi utama kamar tidur adalah untuk bersitirahat, jadi Anda tidak perlu memberikan pencahayaan yang terlalu kuat. Jangan kesampingkan juga aktifitas apa saja yang biasa dilakukan di dalam kamar tidur. Seperti kebiasaan membaca sebelum tidur bagi sebagian orang. Agar aktifitas membaca tetap nyaman, Anda bisa meletakkan lampu baca di atas nakas.

Sedangkan lampu untuk tidur umumya cenderung redup. Anda bisa membuatnya jadi satu dengan lampu baca ataupun pencahayaan general. Tinggal tambahkan saklar dimmer. Anda pun bisa mengatur terang gelapnya. Ini juga bisa mengatasi kebiasaan pasangan baru yang berbeda. Seperti ketika sang suami lebih senang tidur dengan keadaan gelap sedangkan sang istri tidak. Penggunaan dimmer membuat pengaturan terang gelapnya cahaya lebih fleksibel seusai kebutuhan Anda berdua.

Perhatikan juga peletakan saklar di tempat tidur. Anda bisa menggunakan saklar SPDT (single pole double throw)atau change over switch. Penggunaan saklar ini memungkinkan Anda mematikan ataupun menyalakan lampu dari dua tempat. Misalnya dari dekat pintu dan di dekat headboard.

Ini tentunya memudahkan Anda jika ingin menyalakan lampu kamar ketika masuk ke kamar. Juga memudahkan Anda ketika ingin mematikan lampu sewaktu akan tidur. Tak perlu beranjak jauh cukup menjangkau saklar di samping tempat tidur. Saklar ini biasanya dipasang di kamar hotel. Sistemnya menggunakan kabel tiga inti. Dari sumber listrik di teruskan ke masing-masing saklar lalu ke lampu.

Penataan cahaya yang tepat pada kamar tidur, tentunya akan membuat waktu tidur Anda semakin berkualitas. Bangun keesokan harinya pun lebih segar dan kembali bersemangat untuk beraktifitas.

Foto: iDEA/Tri Rizeki Darusman

Editor : Rasantika M. Seta

Latest