Follow Us

Memilih Batu Alam untuk Kamar Mandi

Devi F. Yuliwardhani - Jumat, 24 Agustus 2012 | 02:23
Memilih Batu Alam untuk Kamar Mandi
Devi F. Yuliwardhani

Memilih Batu Alam untuk Kamar Mandi

Alam menyediakan banyak material untuk diolah menjadi elemen bangunan. Bebatuan, salah satunya. Kini batu bukan hanya jadi unsur bangunan, namun juga menjadi elemen dekoratif. Lihat saja, betapa beragamnya jenis, bentuk, warna dan tekstur batu yang tersedia di pasaran.

Kita mengenal batu andesit, marmer, granit, dan batu kali. Keempat jenis batu ini dikelompokkan dalam jenis batu keras. Ada juga batu paras, palimanan, koral dan candi, yang tergolong batu lunak. Kekerasan dan kelunakan batu didasarkan atas tingkat porositas dan usia batu.

Karakter batu alam yang khas dapat memberi sentuhan alami pada bangunan. Begitu pula pada desain kamar mandi. Di kamar mandi, batu alam dapat diaplikasikan pada permukaan lantai dan dinding. Namun, tak semua jenis batu cocok diaplikasikan pada permukaan lantai.

Untuk lantai, biasanya dipilih yang memiliki permukaan relatif rata dengan tekstur yang masih dianggap nyaman untuk telapak kaki. Anda dapt memilih batu marmer, andesit, paras, koral, atau palimanan. Sedangkan untuk dinding, hampir semua jenis batu alam cocok digunakan. Namun demi keamanan, harus tetap memperhatikan ketajaman teksturnya.

Foto: Dok. iDEA/Tri Rizeki

Lokasi: Kediaman Lita Jonathans, Gunung Bunder, Bogor

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest