Follow Us

Trik Pencahayaan 3 Area Utama di Kamar Mandi

Febrina Syaifullana (@vinna_mooo) - Senin, 17 Maret 2014 | 02:30
Trik Pencahayaan 3 Area Utama di Kamar Mandi
Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

Trik Pencahayaan 3 Area Utama di Kamar Mandi

Menata pencahayaan di kamar mandi memerlukan beberapa pertimbangan. Salah satunya adalah penempatan titik cahaya yang ideal di setiap area kamar mandi.

Secara sederhana, kamar mandi dibagi menjadi tiga area utama. Area shower atau bathtub, kloset, dan wastafel (vanity). Setiap area ini memerlukan jenis pencahayaan yang tidak sama. Berikut ini adalah trik pencahayaan 3 area utama di kamar mandi yang perlu Anda ketahui.

1. Area shower atau bathtub. Dianjurkan menempatkan lampu yang memiliki ketahanan yang baik terhadap cipratan dan uap air. Hal ini untuk menghindarkan dari hubungan arus pendek yang dapat merusak lampu, terutama bagi mereka yang sering mandi dengan air hangat.

2. Area kloset atau toilet. Pencahayaan di area ini harus disesuaikan dengan kebiasaan pemilik rumah. Jika area ini digunakan juga untuk membaca, maka aplikasikan lampu yang cahayanya memadai untuk aktivitas baca. Jika ada artwork di area ini, berikan penerangan yang dapat menonjolkan kecantikan karya seni itu.

3. Area wastafel (vanity). Banyak kegiatan dilakukan di sini, mulai dari bercukur, sikat gigi, bahkan berdandan. Semua kegiatan ini berkaitan dengan wajah, maka usahakan cahaya dari lampu jatuh tepat di wajah. Cahaya seperti ini idealnya datang dari lampu dinding, di sisi kiri dan kanan cermin, bukan dari atas. Manfaatkan cermin untuk membiaskan cahaya dari lampu, sehingga jatuhnya di wajah menjadi lebih lembut.

Foto: Dok.iDEA

Editor : Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

Latest