Follow Us

Lebih Lega dengan Konsep Arsitektur Jepang

Devi F. Yuliwardhani - Minggu, 03 November 2013 | 11:00
Lebih Lega dengan Konsep Arsitektur Jepang
Devi F. Yuliwardhani

Lebih Lega dengan Konsep Arsitektur Jepang

Tidak selamanya ruang duduk harus menggunakan sofa atau pun kursi sebagai perabot utamanya. Terutama jika luas ruang yang anda miliki terbatas. Anda tidak bisa memaksakan perabotan yang besar masuk ke dalam ruangan anda yang kecil. Tapi bukan berarti ruang duduk anda tidak bisa tampil maksimal lho. Anda bisa bermain dengan konsep ruang duduk yang ingin Anda buat. Asal ruang duduk tetap nyaman untuk duduk dan bercengkrama.

Ruang duduk dengan konsep lesehan ala Jepang bisa jadi pilihan yang menarik. Pilihlah sudut ruangan yang bisa anda olah menjadi ruang duduk. Tidak perlu berukuran luas, cukup 1,5x1,5m saja. Naikkan lantai sekitar 10cm untuk menegaskan perbedaan fungsi ruangnya. Letakkan sebuah meja yang tidak terlalu tinggi untuk meletakkan sajian teh hangat atau pun kudapan kecil. Meski disini tidak ada sofa yang empuk untuk diduduki, Anda bisa meletakkan bantal-bantal disini agar posisi duduk anda tetap nyaman. Variasikan bantal menjadi beberapa bentuk dan ukuran. Macam-macam bentuk bantal bisa jadi dekorasi yang menarik.

Dekorasi juga bisa dilakukan di dinding. Olahlah dinding ruangan itu dengan dekorasi cermin. Cermin dapat memberikan kesan luas pada ruangan. Anda juga bisa meletakkan pot ranting di tiap sudut ruangan sebagai penegas fungsi ruang.

Pilihlah material kayu untuk membawa kesan hangat. Anda bisa gunakan di lantai maupun di dinding. Pilihlah parket kayu dengan warna terang khas arsitektur Jepang. Sedangkan untuk dinding anda bisa membuatnya kontras dengan lantai agar tampak menonjol.

Ruang duduk yang nyaman ala Jepang pun siap menemani hangatnya percakapan anda dengan keluarga.

Foto: Dok.iDEA/Dean Martin Saerang

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest