Follow Us

Rahasia agar Ruang Keluarga Lebih Nyaman

Maulina Kadiranti - Selasa, 01 April 2014 | 11:30
Rahasia agar Ruang Keluarga Lebih Nyaman
Maulina Kadiranti

Rahasia agar Ruang Keluarga Lebih Nyaman

iDEAonline.co.id - Keberadaan ruang keluarga di dalam rumah seringkali tertutup oleh "pamor" yang dimiliki dapur dan kamar tidur. Padahal, ruang keluarga adalah salah satu ruang komunal penting yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh anggota keluarga. Di tempat ini, semua anggota bisa saling berinteraksi, beraktivitas, dan menjalin hubungan yang harmonis.

Untuk itu, Anda perlu menaruh perhatian khusus pada ruang keluarga. Berikut ini beberapa rahasia buat ruang keluarga sempurna yang nyaman digunakan oleh seluruh anggota keluarga.

Pertama-tama, ubah posisi sofa dan tempat-tempat duduk lain di ruang tersebut. Cobalah memosisikan sofa Anda menghadap ke pintu masuk atau area "lalu-lintas" padat menuju ruang keluarga. Anda tidak perlu menaruhnya betul-betul menghadap pintu masuk, pastikan saja siapa pun yang ada di ruang keluarga bisa dengan mudah melihat pengunjung ruangan tersebut tanpa perlu memutar arah hadap badan. Anda tetap bebas menempatkan pengaturan sofa di pojok ruangan, di tengah ruangan, atau menempel pada dinding. Pastikan sofa-sofa tersebut diatur mengarah pintu masuk agar ruangan tampak lebih "mengundang".

Kedua, cari satu focal point di ruang keluarga. Focal point ini bisa berupa barang atau salah satu pojok ruangan. Barang ini akan menjadi "penarik" perhatian. Keluarga atau kerabat yang mengunjungi ruangan tersebut tanpa sadar akan langsung mengarahkan pandangannya pada benda ini. Biasanya, karya seni unik berupa lukisan di dinding atau televisi terpilih menjadi titik fokal ruang keluarga. Berangkat dari sana, Anda bisa mendekor keseluruhan ruangan.

Sebagian orang berpendapat bahwa Anda sebaiknya menutup televisi atau menyembunyikannya di dalam lemari. Kamuflase seperti ini sebenarnya tidak perlu. Desainer Markham Roberts mengatakan, televisi-televisi yang tersedia saat ini umumnya sudah memiliki bentuk cantik. Pemilik rumah tidak perlu membuang ruang dan energi hanya demi menutupi televisi tersebut. Dalam hal ini, teknologi bisa memegang peranan penting dalam membuat ruang keluarga Anda lebih nyaman. Jadikan saja siaran televisi menjadi bagian dari daya tarik ruang keluarga Anda.

Dengan teknologi yang tersedia sekarang ini, pemilik rumah tidak lagi didikte oleh siaran televisi. Pemilik rumah, termasuk anak-anak, bisa memilih dan menonton acara kesukaannya ketika berkumpul bersama orangtuanya. Mereka tidak perlu lagi risih menghabiskan waktu bersama keluarga. Sementara itu, para orang tua pun bisa menyaksikan acara kesukaan setelah anak-anak tertidur. Fitur seperti ini sudah tersedia di beberapa layanan televisi kabel dan satelit.

Ketiga, pastikan kenyamanan anggota keluarga Anda lebih sempurna ketika berada di ruang keluarga. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Misalnya, berikan pencahayaan yang nyaman di mata, menempatkan karpet agar lantai tidak dingin dan anak-anak bisa bermain di atasnya, serta mengatur suhu udara di ruangan tersebut menggunakan pendingin udara.

Sumber: properti.kompas.com

Foto: homedesignlover.com

Editor : Maulina Kadiranti

Latest