Follow Us

4 Kunci Ciptakan Kenyamanan Pojok Baca

Maulina Kadiranti - Selasa, 03 Juni 2014 | 08:10
4 Kunci Ciptakan Kenyamanan Pojok Baca
Maulina Kadiranti

4 Kunci Ciptakan Kenyamanan Pojok Baca

iDEAonline.co.id - Sebuah studi di Finlandia menyatakan bahwa banyaknya tekanan pekerjaan baik secara fisik maupun mental dapat menjadi sumber penyakit di masa tua. Untuk itu, penting sekali menghindari atau setidaknya menguragi tekanan akibat pekerjaan sejak dini. Salah satu cara efektif dan mudah adalah dengan membaca buku.

Inilah alasan betapa pentingnya menyisihkan satu space di rumah untuk membuat pojok baca. Pojok baca yang menenangkan memberikan terapi "pengasingan" dari rumitnya kegiatan sehari-hari. Sehingga Anda dapat kembali beraktivitas dengan bugar di hari-hari berikutnya.

Namun, membuat pojok baca yang dapat memberikan terapi pengasingan tentu harus memerhatikan beberapa aspek. Berikut 4 kunci untuk menciptakan kenyamanan dalam pojok baca.

1. Tempat Duduk Nyaman

Dalam rangka menciptakan tempat "melarikan diri" yang bersastra, Anda membutuhkan beberapa pilihan aksesoris tempat duduk yang dapat menambah kenyamanan membaca. Anda dapat menempatkan beberapa over-size cushion, bean bag atau lantai dengan palet ala timur tengah. Tambahkan juga dengan aksesoris lain yang berbahan lembut. Selimut tebal atau kain tenun dapat menjadi pilihan.

2. Privasi

Jika Anda tingggal bersama anggota keluarga lain, atau hanya ingin sekadar mengabaikan gundukan berkas-berkas di ruang kerja, itu berarti Anda membutuhkan sedikit privasi. Tempatkan tirai atau rak buku yang menyelubungi pojok baca. Rak buku dan tirai menciptakan semacam "tempat berlindung" dari berkas-berkas tadi. Atau Anda juga bisa ciptakan sebuah ruang rahasia tertutup yang dilengkapi dengan pencahayaan temaram.

3. Warna-warna Lembut

Pemilihan warna-warna lembut dapat menciptakan ketenangan pada pojok baca Anda. Warna-warna seperti biru langit, hijau cerah, warna pastel bisa jadi opsi utama. Pilihan warna ini dapat membantu usaha Anda dalam melupakan sejenak tekanan sehari-hari dan menenggelamkan pikiran dalam cerita fiksi yang tengah Anda baca.

Halaman Selanjutnya

4. Gunakan Imajinasi Anda
1 2

Editor : Maulina Kadiranti

Latest

Ciptakan Kamar Tidur Nyaman Layaknya di Hotel Bintang Lima, Tipsnya Gunakan Produk dari IndoLinen
Sambut Ramadhan, Nippon Paint Perkenalkan Koleksi Cat Tren Warna Ramadan 2024
ASEAN Steel Architecture Award 2024 Kembali Digelar, Ini Kategori dan Syarat Pendaftarannya
Raih Penghargaan Top Brand ke-4 Kali,  Ini Komitmen dan Keunggulan Fortress Pintu Baja Motif Kayu

Popular

Tag Popular