Follow Us

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memasang Lantai Kaca

Sabrina Alisa - Rabu, 27 Juli 2016 | 10:00
Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memasang Lantai Kaca
Sabrina Alisa

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memasang Lantai Kaca

iDEAonline.co.id - Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memasang lantai kaca. Kalau dulu kita mengenal kaca hanya sebagai bahan untuk jendela, kini kaca dapat dipergunakan untuk hal-hal lain. Misalnya sebagai dinding atau partisi ruang, atap bangunan, bahkan lantai ruangan.

Karena sifatnya yang mudah pecah dan membahayakan, kaca perlu diperlakukan khusus, baik ketika dipergunakan sebagai kaca jendela, dinding, atap, ataupun lantai bangunan. Perlakuan khusus dibutuhkan agar kaca tak membahayakan pengguna ruangan. Misalnya penggunaan kaca sebagai lantai pada anak tangga.

Tidak semua kaca dapat dipergunakan sebagai bahan untuk lantai. Hanya kaca jenis tempered dengan tebal minimal 20mm lah yang bisa dipergunakan jika ingin memasang lantai kaca. Jenis kaca tempered relatif lebih kuat dari kaca biasa. Namun bukan berarti dengan menggunakan kaca tempered dampak negatif kaca hilang sama sekali. Perlakuan khusus dibutuhkan pada saat pemasangan dan penggunaannya kelak.

Untuk menghindari kaca pecah pada saat digunakan, sebaiknya proses pemasangan kaca sebagai lantai ruangan sangat diperhatikan. Buat rangka-rangka penahan kaca sekuat mungkin. Untuk dapat menyangga beban berat, penggunaan rangka kisi-kisi segi empat (bujur sangkar) sebagai alas kaca sangat dianjurkan. Panjang dan lebar kisi-kisi bisa disesuaikan dengan ketebalan kaca dan berat beban yang nantinya diterima kaca.

Untuk hasil terbaik, sebaiknya, panjang sisi kisi-kisi terpanjang tak lebih dari 60cm. Rangka sebaiknya pula dibuat dari logam yang kuat, misalnya besi atau stainless steel. Antara besi rangka dan kaca sebaiknya juga diberi karet yang antara lain berfungsi sebagai peredam getaran dan gesekan langsung dengan rangka besi, dan menghindarkan kaca retak atau pecah karena getaran/benturan itu.

Memiliki permukaan yang rata dan licin jika terkena air, lantai kaca - terlebih lantai untuk anak tangga - sebaiknya dilengkapi dengan antiselip. Anti selip bisa dibuat dengan cara antara lain menempelkan isolasi bertekstur kasar pada permukaan lantai anak tangga. Isolasi ini dapat mencegah kaki tergelincir. Dengan begitu, tangga relatif aman dipergunakan, dan tidak membahayakan.

Semoga bermanfaat!

Foto: topdreamer.com

Editor : iDEA

Latest