Follow Us

Jangan Abaikan 5 Peraturan untuk Membuat Desain Dapur Outdoor

- Sabtu, 25 Maret 2017 | 23:16
Jangan Abaikan 5 Peraturan untuk Membuat Desain Dapur Outdoor
idea

Jangan Abaikan 5 Peraturan untuk Membuat Desain Dapur Outdoor

iDEAonline.co.id - Dapur seringkali menjadi yang terbelakang. Ya, ruang yang satu ini bisa dibilang favorit untuk diletakkan di bagian belakang suatu hunian sehingga desain dapur pun dibuat ala kadarnya atau hanya mengikuti ruang-ruang yang ada. Namun, yang patut diperhatikan adalah alur kerjanya agar tidak mengganggu kegiatan masak memasak dan desain dapur ideal pun tercipta.

Seiring berkembangnya zaman, "tempat" dapur pun berubah sesuai selera pemilik rumah. Ya, desain dapur bisa ditempatkan di ruang bagian depan atau tengah. Dapur juga bisa disatukan dengan ruang yang lain. Banyak yang menyatukannya dengan ruang makan, namun juga ada yang menyatukannya dengan ruang keluarga. Bahkan, ada pula yang menyatukannya dengan ruang cuci atau service room.

Karena kini desain dapur lebih fleksibel dalam penempatannya, dapur pun juga bisa ditempatkan secara outdoor. Namun, jangan abaikan 5 peraturan membuat desain dapur outdoor ini.

1. Pertimbangkan penempatannya.

Walau di luar ruangan, dapur ini harus dekat ruang kegiatan Anda bersama keluarga. Namun perlu diingat, dapur sebaiknya tidak menghalangi sirkulasi atau pandangan koridor. Pastikan area memasak yang sebenarnya, jauh dari arus lalu lintas penghuni.

2. Pikirkan kapan akan digunakan

Karena diletakkan di luar ruang, Anda perlu mempertimbangkan musim yang berpengaruh. Terlebih lagi jika musim hujan tiba. Anda perlu menyiapkan pelindung. Pelindung tersebut tidak hanya dikhusukan saat musim hujan saja, melainkan juga bisa digunakan untuk menghalau sinar matahari sehingga tetap nyaman saat memasak.

3. Menganalisa dapur dalam ruang

Analisa ini lebih menekankan kepada penempatan alat dan segitiga kerja dapur. Terlebih lagi jika Anda memiliki dapur dalam ruang sehingga bisa dijadikan acuan. Melakukan analisa ini penting untuk kegiatan Anda nantinya.

4. Bahan dan finishing

Material dan finishing benda atau peralatan untuk desain dapur outdoor ini sebaiknya tahan api dan tahan cuaca. Ini dikarenakan suhu luar lebih mudah berubah daripada suhu dalam ruang sehingga apabila tidak dicermati dengan baik, peralatan dapur bisa saja terjadi kerusakan. Namun, tetap harus melengkapi karakter ruang eksterior Anda. 5. Pencahayaan

Selain itu, yang tidak kalah penting untuk desain dapur outdoor adalah pencahayaan. Yap, ketika siang hari, memang pencahayaan tidak terlalu dibutuhkan karena bisa mengandalkan cahaya dari matahari. Saat malam hari, gunakan pencahayaan tidak langsung dan ambient pada area hiburan dan pencahayaan terang untuk area memasak. Hindari lampu sorot yang bisa menyilaukan.

Siapkah iDEA Lovers untuk membuat desain dapur outdoor?

Foto: deasypenner.com

Editor : Sabrina Alisa

Latest