Follow Us

Manfaatkan Ruang Sisa Kamar untuk Storage Si Kecil

Devi F. Yuliwardhani - Kamis, 13 Maret 2014 | 04:30
Manfaatkan Ruang Sisa Kamar untuk Storage Si Kecil
Devi F. Yuliwardhani

Manfaatkan Ruang Sisa Kamar untuk Storage Si Kecil

Lahan yang terbatas menjadi tantangan Anda ketika ingin membangun kamar anak. Anda harus menyediakan tempat bermain, belajar, sekaligus bermain. Tanpa perhitungan yang cermat, kamar bisa berantakan.

Banyak solusi penataan yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan ruang sisa untuk storage si kecil.

Solusi lainnya, Anda perlu merencanakan satu rancangan furnitur yang tepat. Artinya, barang yang ada di kamar bisa tersimpan dengan mudah dijangkau dari beberapa sudut ruangan. Begitu pula dengan model furnitur yang aman dan tidak membahayakan bagi si kecil.

Agar merasa nyaman dan aman, Anda bisa memanfaatkan ruang sisa untuk storage si kecil. Ini dia inspirasinya.

1. Ruang antara lemari dengan plafonLemari biasanya tidak dibangun penuh hingga plafon. Masih ada jarak kosong yang bisa Anda manfaatkan untuk keperluan wadah penyimpanan barang yanng digunakan dan berukuran besar. Agar rapi dan tak mudah menyimpan debu, rak dibuat dengan pintu.

2. Kolong tempat tidurAnda bisa membuat laci di kolong ranjang untuk menyimpan majalah atau barang koleksi si kecil. Jumlah lacinya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Agar lebih maksimal ada dua tips untuk Anda. Pertama, gunakan rel untuk laci yang akan memudahkan si kecil untuk menarik dan mendorong laci. Kedua, beri jarak sirkulasi, sekitar 60 cm, agar si kecil nyaman ketika ingin membuka laci.

3. Bagian Rangka Kursi OttomanKursi ini berbentuk kotak atau bundar. Pada bagian dalamnnya bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan mainan. Untuk bagian dudukannya sengaja dibuat tidak permanen, agar bisa dilepas pasang. Biasanya dudukan tersebut dibuat dari busa yang dibungkus kain. Anda juga bisa saja membuat modifikasi rangka kursi. Kakinya diberi roda sehingga bisa digeser. Agar aman, pilihlah roda yang dilengkapi pengunci.

Foto: dok.renovasi

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest