Follow Us

Lampu Nakas Bukan Sekadar Pemanis Saja, Lho! Ada Fungsinya!

Sabrina Alisa - Senin, 02 November 2015 | 08:35
Lampu Nakas Bukan Sekadar Pemanis Saja Lho! Ada Fungsinya
Sabrina Alisa

Lampu Nakas Bukan Sekadar Pemanis Saja Lho! Ada Fungsinya

iDEAonline.co.id - Salah satu ruang privat bagi sang pemilik rumah tentunya adalah kamar tidur. Di sanalah tempat bagi sebagian orang menghabiskan waktunya setelah seharian beraktivitas. Karena digunakan untuk tidur, tidak jarang orang yang mendesain kamar seapik mungkin. Pemilihan furnitur pun juga dipilih secermat mungkin agar berfungsi optimal.

Begitu pun dengan nakas beserta pencahayaannya atau yang biasa dikenal dengan lampu nakas. Berbicara mengenai lampu nakas, banyak yang berasumsi bahwa lampu tersebut hanya menjadi "pajangan" saja atau dengan kata lain sebagai mempercantik ruang tanpa memiliki fungsi lain. Namun, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Ngobrol-ngobrol dengan seorang Lighting Desainer dari Lumina Architectural Lighting Consultant, Abdi Hasan, ternyata salah kalau kita menempatkan lampu nakas hanya untuk percantikan. Menurutnya, setiap pencahayaan memiliki fungsi. Bukan sekadar supaya terang atau tampak menarik. Untuk menentukan jenis dan desain lampu, yang akan ditempatkan di meja nakas pun tidak bisa sembarangan. Harus disesuaikan dengan kebiasaan dan kebutuhan kita.

Abdi menjelaskan, paling tidak ada tiga fungsi lampu nakas:

1. Sebagai penerangan lembut di sekitar tempat tidur. Cahaya lembut membantu mata dan tubuh kita lebih rileks, sehingga waktu istirahat lebih berkualitas.

2. Cahaya dari lampu nakas juga bisa membantu menciptakan suasana lebih akrab, hangat, dan intim.

3. Fungsi lain dari lampu nakas adalah sebagai pencahayaan untuk membaca (reading light). Nah, untuk fungsi yang satu ini tampaknya kita harus lebih perhatian. Supaya kegiatan membaca sebelum tidur jadi lebih nyaman, perlu diperhatikan intensitas cahaya dan arah jatuhnya. Jika memang lampu nakas dimaksudkan sebagai penerangan saat membaca, kata Abdi, tidak ada salanya kita mengganti lampu nakas biasa dengan lampu baca.

Meski kerap disebut lampu nakas, tidak berarti pencahayaan di sisi tempat tidur harus melulu sebuah lampu yang ditempatkan di atas meja nakas. Kita boleh juga menggantinya dengan lampu dinding, agar lebih hemat tempat. Boleh juga dengan standing lamp. Namun, semua itu akan balik lagi kepada selera sang penghuni rumah. Lalu, bagaimana dengan Anda?

Sumber: iDEA

Sumber foto: lightingpic.com

Editor : Sabrina Alisa

Latest