Follow Us

Kamar Mandi Tanpa Pintu, Berani Coba?

Anissa Q. Aini - Jumat, 04 November 2016 | 08:00
Kamar Mandi Tanpa Pintu Berani Coba
Anissa Q. Aini

Kamar Mandi Tanpa Pintu Berani Coba

iDEAonline.co.id - Kalau biasanya kita menemui roller blind di jendela, rupanya bisa juga dijadikan pengganti pintu. Itulah yang dilakukan pemilik rumah, dimana kamar mandi di foto ini berada, untuk menggantikan fungsi pintu. Apa alasannya?

Kamar mandi ini berada di lahan yang relatif sempit, kurang lebih 1,2m x 1m. Jika menggunakan pintu biasa, artinya perlu ada lahan untuk ayunan pintu. Area di depan kamar mandi pun sempit, karena kamar mandi ini berada di area lorong memanjang, di belakang rumah, bersisian dengan dapur.

Akhirnya muncullah ide untuk menggantikan pintu dengan penutup lain, yang tidak perlu diayun, untuk dibuka tutup, yaitu roller blind atau tirai gulung. Tinggal gulung ke atas ketika ingin dibuka, dan tarik tuasnya hingga tirai tertutup.

Tirai gulung hanya satu di antara banyak pilihan lain, yang bisa digunakan sebagai pengganti pintu ayun. Menggantinya dengan tirai biasa juga bisa, tapi perhatikan pilihan bahannya. Karena digunakan untuk kamar mandi, yang pastinya akan banyak terkena cipratan air, pilih bahan yang tahan terhadap air, seperti plastik. Sebenarnya, pintu geser pun bisa jadi pilihan, tapi penggunaan tirai gulung atau tirai plastik, jelas lebih murah dibandingkan membuat pintu geser.

Mulai tertantang membuat sesuatu yang berbeda juga dengan kamar mandi Anda? Sesekali "melawan" kewajaran tidak ada salahnya, justru kerap menghasilkan keunikan, yang membuat rumah Anda berbeda. Selamat mencoba!

Foto: iDEA/ Tri Rizeki Darusman

Lokasi: Rumah milik Sapto W. Tantiono dan Maria Henriette Clementine, Meruya, Jakarta Barat

Editor : Anissa Q. Aini

Latest