Follow Us

Ganti Fasad Usang Anda dengan Aluminium Composite Panel

Devi F. Yuliwardhani - Senin, 13 Januari 2014 | 08:00
Ganti Fasad Usang Anda dengan Aluminium Composite Panel
Devi F. Yuliwardhani

Ganti Fasad Usang Anda dengan Aluminium Composite Panel

Aluminium Composite Panel atau lebih dikenal dengan ACP merupakan salah satu material yang bisa Anda gunakan untuk memperbaharui fasad Anda. Tapi sebelumnya, kenali lebih jauh material ini.

Aluminium Composite Panel (ACP) kterdiri tiga lapisan yaitu, aluminium-polyethelin-aluminium. Ketiga lapisan ini kemudian ditekan menjadi satu. Lapisan aluminium ini membuat ACP tahan air, panas (cuaca), dan anti rayap.

Tak hanya itu, ACP juga telah dilapisi dengan PVDF. Fungsinya melindungi warna agar tak mudah kusam hingga 10 tahun.

Keunggulan lain dari ACP adalah bobot yang ringan, fleksibel sehingga mudah dibentuk, dan perawatannya mudah.

Cara pemasangan:

Untuk pemasangan ACP pada secondary skin membutuhkan struktur aluminium hollow sebagai rangka. Rangka kemudian dipasang pada dinding dengan baut dan dynabolt.

Setelah rangka terpasang, lembaran ACP disambung dengan cara grooving, membuat goresan memanjang untuk proses menekuk/membentuk. Kemudian lembaran disekrup ke rangka baja hollow. Jangan lupa atur kerataan lembaran ini dengan menarik benang agar permukaannya tidak bergelombang.

Tutupi bagian nat pada permukaan bidang ACP dengan silicone sealant. Tujuannya agar dynabolt tidak terlihat dan menghindarkan air masuk.

Pemeliharaan:

Bersihkan ACP paling tidak 1 tahun sekali dengan pembersih khusus alumunium yang dijual di toko bahan kimia. Jika tak ada, Anda dapat memanfaatkan cairan pencuci piring dan hindari menggunakan deterjen atau pembersih dengan konsentrat tinggi.

Foto: Adeline Krisanti/iDEA

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest