Follow Us

5 Hal Penting Buat Rumah Aman Dari Pencurian

Maulina Kadiranti - Selasa, 03 Maret 2015 | 09:45
5 Hal Penting Buat Rumah Aman Dari Pencurian
Maulina Kadiranti

5 Hal Penting Buat Rumah Aman Dari Pencurian

iDEAonline.co.id- Pagar dan cctv bisa menjadi hal pertama yang paling dibicarakan mengenai keamanan rumah. Sistem keamanan yang di miliki rumah berbeda- beda tergantung fokusnya. Teralis juga menjadi solusi orang - orang mendefinisikan keamanan di rumah mereka. Yuk hal pentingapa saja yang bisa dilakukan untuk menambahkan keamanan rumah.

Pagar yang ideal

Bila membicarakan pagar yang ideal apa saja yang menjadi pertanyaan? Tingginya kah? Luasnya kah? Atau yang lainnya? Pagar yang ideal memiliki tinggi 1,8- 2,5 meter. Kenapa? Karena rata- rata tinggi orang dewasa sekitar 1,8 meter. Hal ini akan menghalau pandangan orang dari luar jalan ke dalam area rumah. Tidak hanya itu ketebalan sebuah pagar minimal adalah 10cm. Untuk meminimalisir bising suara yang ditimbulkan pengguna jalan. Lihat disini

Penempatan ruang

Layering layout sebuah rumah biasanya disusun tergantung kebutuhan si pemilik. Pada umumnya untuk meminimalisir kejahatan masuk ke rumah orang- orang menempatkan ruangan yang inti di bagian belakang atau lantai atas. Sedangkan untuk bagian yang tidak begitu privat atau rahasia mereka letakan di depan atau pun di lantai bawah. Tetapi seiring bertambahnya waktu banyak penggunaan dapur diletakan di depan agar orang di dalam rumah bisa mengetahui keberadaan orang yang didapur. Lihat disini.

CCTV

Penggunaan cctv tidaklah mudah banyak pakem yang harus dilihat agar pemasangan tidak sia- sia. Contohnya saja untuk outdoor. Anda harus memikirkan tepat sebelah mana yang tidak terkena air hujan dan panas matahari, kemudian juga kalau bisa cctv tidak harus kelihatan jelas di satu titik. Karena banyak orang iseng yang malah memainkan kamera bila Anda letakan diluar pagar ataupun di taman. Lihat disini. Berangkat dari cctv,akhir- akhir ini banyak aplikasi yang dapat memudahkan untuk mengakses kamera cctv dirumah Anda. Sehingga bila Anda kebetulan berada di luar rumah, tetap bisa melihat dari layar smartphone keadaan rumah Anda. Lihat disini

Teralis

Fungsi teralis ternyata tidak hanya sebagai keamanan saja tetapi juga bisa sebagai secondary skin dan sebagai green wall. Lihat disini. Untuk keamanan penghuni rumah, pengguna teralis memang sangat membantu. Teralis dapat menjadi tameng lapis kedua pada pintu dan jendela rumah, tetapi bila terjadi kebakaran atau musibah lainya?, tentunya teralis akan menghambat kita untuk meloloskan diri. Lihat disini.

Jendela

Untuk jendela banyak juga teknik yang sudah di terapkan oleh arsitek agar bisa membantu mencegah hal yang tidak diinginkan. Kusen alumunium ini salah satunya. Kusennya dari alumunium dengan bentuk yang lumayan besar- besar. Jendela diberi teralis demi keamanan rumah, tidak hanya itu cahaya tetap bisa masuk dengan leluasa sehingga penerangan tetap terjaga. Lihat disini. Lain lagi dengan yang satu ini. Penggunaan jendela mati, sengaja diletakan di bawah rak ambalan agar tidak mengganggu. Kamar tidur yang satu ini sengaja dipasangkan jendela yang mengarah jalan agar dapat mengetahui keberadaan orang luar.

Sumber iDEA Dok.

Foto: readyresponse

Editor : Maulina Kadiranti

Latest