Follow Us

Pagar Besi Laksana Ranting Pepohonan

Devi F. Yuliwardhani - Jumat, 14 Juni 2013 | 07:30
Pagar Besi Laksana Ranting Pepohonan
Devi F. Yuliwardhani

Pagar Besi Laksana Ranting Pepohonan

Bentuknya tak seperti pagar biasa yang berdiri tegak atau lurus-lurus. Pagar besi di rumah ini melengkung-lengkung, paduan huruf "S", "U", dan "C". jika dilihat lebih seksama, ada hiasan dahan dan daun yang meliuk-liuk merambati lengkungan-lengkungan itu.

Lengkung dan motif daun untuk melembutkan kesan pagar besi, sekaligus memberi kesan alami. Lengkungan itu yang memang membentuk konstruksi pagar. Sementara motif daun bertekstur halus bercat hijau dan merah memberi kesan segar.

Pagar besi ini memiliki panjang 8m dengan tinggi 120cm. Jenisnya besi solid berbentuk kotak berukuran 16mm. Terdapat empat modul, yaitu dua modul panjang, dua modul sedang -sebagai pintu ke garasi- dan satu modul pendek -untuk pintu gerbang. Setiap modul dibatasi oleh besi kotak besar yang berdiri tegak.

Rupanya bukan Cuma pagar yang jadi daya tarik tampak depan rumah ini. Di lintasan jalan menuju pintu masuk utama terdapat elemen jembatan dan cerukan air.

Jembatan berukuran 80cmx160cm. Pijakannya dari kayu jati dengan besi pelat sebagai railing-nya. Cerukan berbentuk kurva di bawah jembatan memiliki kedalaman 60cm. Elemen dekoratif ini menampilkan suasana alam pedesaan.

Pagar dan jembatan yang "tidak biasa" ini memberikan nuansa yang berbeda pula pada tampilan rumah. Anda boleh jadi ingin melihat lebih jauh jika melewatinya.

Foto : Dok. iDEA/Martin

Lokasi: Hunian dr. Handrawan Nadesul, Jakarta Selatan

Sumber : iDEA Books "Ragam Ruang Luar"

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest