Follow Us

Mau Tampil Beda? Gunakan Dinding Roster Sebagai Pagar Rumah

- Minggu, 02 April 2017 | 09:10
Dinding Rooster Pengganti Pagar Rumah
idea

Dinding Rooster Pengganti Pagar Rumah

iDEAonline.co.id - Apa, sih, roster? Biasanya kita melihat roster di rumah-rumah tropis zaman dulu. Letaknya di atas pintu atau jendela. Fungsinya sebagai lubang angin. Bentuknya macam-macam, kotak, persegi, segi enam, dan sebagainya.

Nah, seiring berjalannya waktu, fungsi roster pun berkembang. Sekarang si lubang angin bisa juga mempercantik wajah rumah, sebagai pengganti pagar. Kini Anda dapat menemukan dinding roster sebagai pengganti pagar rumah.

Pada umumnya dinding roster dibuat berukuran panjang 6,5 m dengan tinggi 1,5 m, sedangkan dinding samping berukuran panjang 2,2 m. Tetapi sekarang tergantung dengan kebutuhan si pemilik rumah ingin disamakan dengan pagar atau tidak. Roster bisa juga dibuat menyiku ke samping biar bagian teras samping juga tertutup.

Roster pada umumnya berukuran 20 cm x 20 cm. Roster punya bobot yang relatif berat, 4,5 kg. Meski demikian, tak perlu cemas. Roster tetap bisa ditumpuk dengan aman. Supaya menarik buat dengan susunan selang-seling. Untuk merekatkan antara satu roster dengan yang lain, cukup gunakan semen.

Biasanya konstruksinya tidak menggunakan tiang atau balok. Dinding ini hanya bertumpu pada sloof yang mengikat fondasi di dalam tanah. Sloof-lah yang bertanggung jawab untuk menerima dan menyalurkan beban roster ke fondasi.

"Roster hanya sebagai material pengisi dinding yang tidak menerima beban berat. Maka itu, konstruksinya tak perlu rumit. Selain perekat semen, penguatnya cukup tambahkan pelat besi," kata tim arsitek Sub Studio yang merancang dinding rooster itu.

Pelat besi setebal 4 mm disekrup pada bagian atas roster. Fungsinya membuat rooster bertambah kaku. Jadi, kalau terdorong angin atau tersenggol badan orang, dinding roster ini tak akan ambruk.

Editor : Maulina Kadiranti

Latest