Follow Us

Plafon Kantilever, Alternatif Pengganti Kanopi

Devi F. Yuliwardhani - Minggu, 02 Juni 2013 | 11:03
Plafon Kantilever Alternatif Pengganti Kanopi
Devi F. Yuliwardhani

Plafon Kantilever Alternatif Pengganti Kanopi

Pintu utama pada sebuah rumah adalah penghubung antara ruang luar dan ruang dalam, di mana permukaan depan pintu utama menjadi bagian dari fasad rumah. Karena pintu utama mempengaruhi estetika tampilan rumah, maka ada baiknya desain area pintu utama diolah dengan baik.

Karena berhubungan dengan ruang luar, tak jarang pintu utama mendapatkan paparan cahaya matahari dan juga tampias air hujan. Untuk mengantisipasi hal ini, kebanyakan pemilik rumah akan memasangkan kanopi di bagian atas pintu utama. Namun sebenarnya ada alternatif desain lainnya, yaitu dengan mengaplikasikan plafon dengan konstruksi kantilever.

Konstruksi kantilver mengadaptasi konsep tumpuan pada satu sisi, sehingga sisi lainnya menggantung tanpa penopang. Dengan konstruksi kantilever, Anda dapat membuat plafon yang memayungi muka pintu seperti halnya fungsi dari kanopi. Hanya saja, terlepas dari fungsi utamanya, plafon kantilever memiliki tampilan yang lebih clean dibanding kanopi. Kelebihan inilah yang menjadikannya cocok untuk diterapkan pada bangunan-bangunan modern.

Foto: iDEA/Richard Salampessy

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest