Follow Us

Pembatas Balkon yang Aman untuk Anak

Devi F. Yuliwardhani - Rabu, 03 Juli 2013 | 05:56
Pembatas Balkon yang Aman untuk Anak
Devi F. Yuliwardhani

Pembatas Balkon yang Aman untuk Anak

Memiliki balkon atau area terbuka selayaknya tetap memikirkan faktor keamanan maksimal. Tak perlu seperti kandang yang mengurung, tapi olahan material, desain dan yang bisa membuat pembatas aman dan nyaman dilihat.

Pastikan tinggi pembatas lebih dari 80cm, rata-rata ketinggian balita berusia 2tahun. Di usia ini inisiatif anak seringkali lebih besar dari kemampuan komunikasinya dengan orang tua. Pastikan jarak antar jeruji kurang dari 12cm, sehingga kepala tak bisa masuk. Usahakan di balik pembatas ada benda lain yang bisa menghalangi daya capai anak ke pembatas. Bisa dengan tanaman di pot pendek atau yang penghalang lain yang bersifat menghalangi jalan sang anak.Jika bisa, di bawah area balkon bukanlah lantai keras, tapi dataran seperti rumput, kolam, dan tanaman perdu.Pengawasan terbaik adalah kuncinya. Usahakan akses ke ruang terbuka di lantai atas selalu dekat dengan pintu sehingga penanganan jika anak menerobos bisa lebih cepat.

Pastikan tinggi pembatas lebih dari 80cm, rata-rata ketinggian balita berusia 2tahun. Di usia ini inisiatif anak seringkali lebih besar dari kemampuan komunikasinya dengan orang tua.

Pastikan jarak antar jeruji kurang dari 12cm, sehingga kepala tak bisa masuk.

Usahakan di balik pembatas ada benda lain yang bisa menghalangi daya capai anak ke pembatas. Bisa dengan tanaman di pot pendek atau yang penghalang lain yang bersifat menghalangi jalan sang anak.

Jika bisa, di bawah area balkon bukanlah lantai keras, tapi dataran seperti rumput, kolam, dan tanaman perdu.

Pengawasan terbaik adalah kuncinya. Usahakan akses ke ruang terbuka di lantai atas selalu dekat dengan pintu sehingga penanganan jika anak menerobos bisa lebih cepat.

Foto: iDEA/Indra Zaka Permana

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest