Follow Us

Hmm.. Taman Ini Punya 3 Keunikan Sekaligus

Devi F. Yuliwardhani - Selasa, 29 April 2014 | 04:10
Hmm Taman Ini Punya 3 Keunikan Sekaligus
Devi F. Yuliwardhani

Hmm Taman Ini Punya 3 Keunikan Sekaligus

iDEAonline.co.id - Membuat tampilan teras depan rumah berbeda dari yang lain, memang menjadi impian banyak orang. Salah satunya, taman berikut ini. Teras mempunyai tiga keunikan sekaligus ini yang bisa dijadikan inspirasi.

Jika dilihat taman ini memang tak besar, hanya berukuran 3,5mx3,5m. Namun siapa sangka teras mempunyai tiga keunikan sekaligus. Apa saja keunikannya, berikut adalah pemaparannya.

Pertama, aplikasi potongan kayu bangkirai yang membentuk tiga bidang. Satu bidang sebagai pintu, yang dua lagi sebagai pagar. Bidang-bidang itu terbentuk dari potongan-potongan kayu kaso 5/7. Kaso disusun maju 1cm, ditumpuk satu persatu membentuk anyaman. Perekat antarpotongan kayu menggunakan lem khusus.

Anyaman kayu itu memberikan lubang kotak-kotak. Jika lubang tersorot sinar matahari akan menciptakan efek geometris di belakangnya.

Kedua, rangka baja sebagai tumpuan sekaligus bingkai bidang anyaman kayu tadi. Rangka berupa balok baja akanal H, yang berperan pula untuk mendistribusikan beban. Pada ujung bawah balok terpasang kabel baja yang yang ditarik ke ujung atas tiang. Kabel baja ini untuk menahan dan stabilisasi beban anyaman kayu. Ketiga bidang tersebut bertumpu pada tiang-tiang baja bulat berdiameter 4inchi, sebagai penyalur beban kayu ke tanah.

Ketiga, penutup teras bunga jejaring kabel baja. Jejaring ini dsangkutkan ke ujung atas tiang dan balok baja. Bentuknya tipis, difungsikan sebagai media tanaman untuk peneduh sekaligus pelunak rangka baja yang kaku.

Foto: Dok.iDEA

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest