Follow Us

Pertimbangan memilih Tanaman Hias yang Cocok untuk Atap Carport

Rasantika M. Seta - Kamis, 25 Maret 2010 | 06:46
Pertimbangan memilih Tanaman Hias yang Cocok untuk Atap Carport
Rasantika M. Seta

Pertimbangan memilih Tanaman Hias yang Cocok untuk Atap Carport

Secara awam mungkin kita menyebut tanaman demikian dari jenis merambat. Padahal bisa jadi keliru. Jenis merambat umumnya menempel pada tembok, misalnya tanaman dolar-dolaran. Tanaman tersebut mampu menutup seluruh permukaan pagar tembok dengan daun yang hijau nan rapat. Jadi, jika ini kita aplikasikan untuk carport, terutama yang bertiang besi dan beratap pergola, rasanya tidak tepat.

Yang lebih tepat barangkali adalah tanaman yang memanjat dan membelit. Jenis tanaman memanjat umumnya berbatang kayu dan kaku. Ia tumbuh meninggi, bercabang, dan beranting, sedangkan yang membelit pada umumnya lebih halus, tidak berkayu, serta memiliki sulur. Kedua jenis tanaman ini akan subur jika diberi rambatan. Hal itu terjadi mengingat batang utamanya tidak cukup kuat menopang pertumbuhan cabang dan ranting. Tanaman ini butuh penopang.

Pemilihan

Pertama-tama, hitunglah luasan carport Anda dan apakah dengan membuat penutup dari daun hidup bagian di sekitarnya tidak menjadi gelap? Jika ternyata gelap dan hal itu mengganggu jendela di sekitarnya (memberi efek suram), Anda harus memikirkan ulang mengenai rencana Anda.

Yang kedua, tentukan pilihan Anda: ingin membentuk tanaman yang berbunga indah atau berdaun indah. Jika yang berbunga: apakah Anda ingin yang indah dengan bau harum mewangi atau tanpa harum? Jika hanya berdaun saja, apakah Anda ingin yang daunnya hijau tua atau yang muda, atau dengan variasi warna yang lain?

Pilihan biasanya berkaitan dengan selera. Akan tetapi dalam menanam pohon hias, Anda juga akan berurusan dengan tetek bengek perawatan. Misalkan Anda ingin tanaman tersebut selalu berbunga menarik, atau yang tampil dengan macam-macam bunga, tentu ini membutuhkan pemupukan dan pemotongan ranting yang rutin. Perhitungkan, apakah Anda punya cukup waktu dan tenaga untuk rutin merawat?

Penanaman

Penanaman pohon sebaiknya dilakukan setelah konstruksi carport dibuat. Ini akan memudahkan penentuan titik-titik tanam. Titik tanam ditentukan di dekat tiang penyangga carport. Dengan begitu, batang utama tanaman dapat diikatkan ke tiang tersebut. Jika tanaman dari jenis yang mudah tumbuh, kita dapat menanam hanya di dua titik dari - katakan saja - empat tiang yang ada.

Langkah yang dapat dilakukan antara lain:

Gali lubang ukuran 30cmx30cm dan berikan pupuk kandang.Usahakan mencari tanaman dengan tinggi 60cm-80cm, sehingga lebih mudah dan cepat untuk berkembang ke atas.Untuk membentuk tanaman berkembang ke atas, potong daun-daun di bagian bawah. Pilih satu-dua ranting untuk disalurkan ke atas sebagai ranting-ranting utama. Buang ranting lain, jika hanya akan membuat bentuk tidak menarik.Ikatkan batang ke struktur kolom penopang carport (besi atau kayu). Ikat dengan kawat yang dimasukkan dalam selang plastik. Pengikatan ini mencegah batang tersebut roboh. Lakukan hal serupa pada batang yang memanjat ke atap carport.

Gali lubang ukuran 30cmx30cm dan berikan pupuk kandang.

Usahakan mencari tanaman dengan tinggi 60cm-80cm, sehingga lebih mudah dan cepat untuk berkembang ke atas.

Editor : iDEA

Latest