Follow Us

Bingkai Lapang dari Ruang Belakang

Devi F. Yuliwardhani - Selasa, 28 Mei 2013 | 02:02
Bingkai Lapang dari Ruang Belakang
Devi F. Yuliwardhani

Bingkai Lapang dari Ruang Belakang

Pemilik suka menata rumah, termasuk taman. Ide dari majalah, internet dan berbagai media diaplikasikan bersama dengan perancang untuk menata taman, ruang tamu, ruang tidur dan dapur. Hasilnya, rumah dengan satu tema yakni ala country, demikian Ivony Hendiarto menyebutnya. Rumah yang terbuka, banyak jendela kaca, dan pintu lebar yang menghadap ke luar. Saat siang, lampu tidak dinyalakan karena cahaya bisa disuplai dari luar.

Selain itu, detail rumah banyak menggunakan kayu. Dinding, lantai, dan perabotan berbahan kayu mendominasi rumah ini. "Awalnya semua berwarna putih seperti gaya eropa. Tapi saya lebih suka yang warna tropis," kata Ivony. Begitulah, taman pun menggunakan unsur kayu di pinggirannya.

Pohon dan daun berwarna

Bila diperhatikan, hanya ada satu tanaman berbunga di taman ini yakni kamboja bali (Plumeria obtusa) warna kuning. Tapi bukan berarti taman hanya hijau. Daun berwarna, kebanyakan tanaman variegata dipilih oleh lanskaper untuk menghasilkan warna. Kita bisa temukan daun ficus variegata, bugenvil variegata (di taman depan), ravenia dan rotea. Pohon dan semak ini yang memberikan warna di taman.

Konsep penataan cukup sederhana. Dengan memberikan ruang lapang di bagian tengah, maka penataan tanaman ditarik ke pinggir. Strata tanaman dari yang tinggi hingga perdu ditanam di dekat tembok. Bagian tengah ditutup dengan ground cover. Bukan sekadar hijau saja, lanskaper membuat pola di ground cover dengan rumput gajah mini hijau, variegata dan kucai jepang. Bentuk daun yang senada, warna yang berbeda ini menghasilkan gradasi yang unik.

Foto: Rohedi

Lanskaper: Syarif Barnama

Lokasi: Kediaman Sigit Hendra Gunawan dan Ivony Hendiarto, Gading Serpong, Tangerang

Sumber: Majalah Home Garden Edisi 04 (April 2013)

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest