Follow Us

Taman Simpel dan Serasi Berelemen Batu

Devi F. Yuliwardhani - Rabu, 03 Juli 2013 | 00:55
Taman Simpel dan Serasi Berelemen Batu
Devi F. Yuliwardhani

Taman Simpel dan Serasi Berelemen Batu

Desain hunian masa kini yang cenderung berpola garis, bidang, dan kotak-kotak cenderung memberi efek kaku pada fasad rumah. Lalu bagaimana agar rumah tidak berpenampilan "dingin" dan kaku? Taman berpola melengkung dapat menjadi alternatif pilihan Anda. Taman ini terdiri dari hamparan rumput dengan jajaran perdu aneka warna.

Ada teh-tehan dan soka sebagai pembatas antara area pedestrian dan rumput. Selain itu, ada juga irish yang mengisi bak di bawah dinding pembatas dengan rumah tetangga. Ditumbuhi pula satu atau dua jenis tanaman tinggi, seperti pandan bali. Bagian lainnya berupa hamparan koral putih dengan pijakan beton koral sikat, yang di tepinya diberi pembatas atau lis semen tang meliuk-liuk. Hamparan koral selebar 70cm tersebut merupakan jeda antara taman dan bangunan rumah.

Di bagian tengahnya, dipasang pijakan beton koral sikat ukuran 35cm x 25cm dengan jarak setiap 40cm. Melalui pijakan inilah tamu-tamu berjalan dari carport menuju pintu utama. Jeda tadi menjadi hardscape yang menarik pada pekarangan rumah. Tampilannya membuat harmonisasi fasad dengan taman.

Bebatuan pada fasad berupa tempelan batu sala gendang yang disusun sirih ini berpadu dengan pijakan koral sikat tersebut. Dipadankan dengan aneka warna tanaman, jadilah keseluruhan tampilan tampak depan rumah ini dengan apik dan cantik

Foto: Dok. iDEA/Tri

Lokasi: Rumah Samuel dan Sri Idaiani, Perumahan Griya Bintara Indah, Bekasi

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest