Follow Us

Batu Alam VS Lumut? Kenali Faktor dan Solusinya

Devi F. Yuliwardhani - Rabu, 07 Agustus 2013 | 02:00
Batu Alam VS Lumut Kenali Faktor dan Solusinya
Devi F. Yuliwardhani

Batu Alam VS Lumut Kenali Faktor dan Solusinya

.Lumut pada batu alam umumnya tumbuh dari celah antar pasangan batu alam. Demikian pula pada batu alam. Sehingga dapat kita analisa tumbuh nya lumut pada batu alam diakibatkan oleh beberapa faktor, yaitu:

Pertama, faktor jenis batu alamnya. Pada faktor atau penyebab pertama ini tumbuhnya lumut atau jamur karakteristik batu alam sangat menentukan. Semakin lunak batu alam yang digunakan maka semakin mudah pula terkena lumut karena batu yang lunak umumnya dapat menyimpan kadar air dalam waktu yang lama. Air adalah faktor utama tumbuhnya lumut. Sehingga antisipasi pertama adalah pilih batu alam dengan tingkat kekerasan tinggi seperti batu andesit, batu marmer, batu templek serta hindari penggunaan batu limestone seperti batu paras untuk penggunaan luar ruangan.

Kedua, faktor pasangan antar batu. Semakin buruk kualitas adukan semen sebagai perekat antara batu alam yang satu dengan yang lain maka semakin mudah ditumbuhi lumut. Kualitas adukan dapat dilihat dari terlalu besarnya komposisi pasir pada adukan acian sehingga sangat dominan unsur pasir nya. Pasir sangat lah mudah menyerap air sehingga lumut dapat mudah tumbuh di sela-sela pasangan. Jadi untuk mengatasi permasalahan kedua adalah dengan menjaga kualitas adukan semen. Gunakan sistem bayaran harian atau cost and fee, untuk bisa mengontrol pekerjaan pemasangan batu. Jika Anda memanfaatkan jasa borongan, pilihlah yang berportofolio banyak di bidang ini. Seringkali, pekerjaan dengan sistem memiliki resiko turunnya kualitas pekerjaan. Tapi hal ini tetap bisa diatasi dengan pengawasan yang ketat.

Ketiga, jika batu alam sudah terpasang anda dapat menambahkan coating atau pelapis batu alam sehingga batu alam yang kita pasang tidak akan menyerap air.

Foto : Dok.iDEASumber : Dari berbagai sumber

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest