Follow Us

Indahnya Taman di Tepi Jalan

Devi F. Yuliwardhani - Minggu, 18 Agustus 2013 | 03:00
Indahnya Taman di Tepi Jalan
Devi F. Yuliwardhani

Indahnya Taman di Tepi Jalan

Jika memiliki waktu senggang, cobalah berjalan-jalan ke Rawasari Barat V di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Disana ada sebuah gang dengan tanaman yang tertata rapi, asri, dan menyenangkan. Di sisi kiri dan kanan jalan berjejer barisan pohon krokot, Opiopogon, puring (Cordyline), dan tricolor (Dracaena tricolor). Di sebelah dalam terdapat deretan pohon kembang sepatu (Hibiscus vosasinensis), lidah buaya (Aloe vera), cikra-cikri, kecibeling, kenanga (Cananga odorata), kemuning, sambung nyawa (Ginora puldescens), kembang coklat, brotowali, dan sambiloto.

Gang kecil berukuran 1,5m x 100m ini berada di lingkungan yang padat penduduk. Di sekitar jalan berdiri 18 rumah yang dihuni oleh 25 kepala keluarga. Sebenarnya disini nyaris tidak ada area tersisa untuk penghijauan. Namun keterbatasan lahan bukanlah suatu penghalang untuk membuat lingkungan menjadi asri.

Area tepian jalan dan bagian atas selokan digunakan untuk tempat meletakkan pepohonan. Pohon-pohon tersebut ditanam di dalam pot plastik berdiameter 15cm sampai 30cm. Sebagian lagi tumbuhan jenis perdu, ditanam dalam bak tanaman diatas selokan. Area itu dapat menyimpan hingga 150 jenis tumbuhan hias, buah, dan Toga (tanaman obat keluarga). Tanaman ini disiram pada pagi dan sore hari dan sebulan sekali diberi pupuk kompos dan NPK.

Sedikitnya dua bulan sekali warga berkumpul dan membicarakan tanaman lingkungan mereka. Hasilnya pada tahun 2003 lalu, tanaman di jalan kecil ini menjuarai Lomba Lingkungan Tingkat Provinsi DKI Jakarta, serta menjadi taman lingkungan percontohan. Lingkungan Anda ingin seperti lingkungan mereka juga, kan?

Foto: iDEA/Tri

Lokasi: Kawasan Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest