Follow Us

Suara Gemericik Air Sejukkan Suasana

Devi F. Yuliwardhani - Senin, 19 Agustus 2013 | 08:00
Suara Gemericik Air Sejukkan Suasana
Devi F. Yuliwardhani

Suara Gemericik Air Sejukkan Suasana

Soal kolam, Anda dapat berimprovisasi dengan tidak melulu menghadirkan kolam konvensional yang selalu tergenang air. Pada lahan yang terbatas dapat dihadirkan water feature berupa pancuran, gargoyle, atau air terjun yang air kucurannya merembes begitu saja di antara batu. Tentu saja elemen jenis ini memerlukan instalasi pompa air dan sirkulasi. Pasang mesin pompa untuk sirkulasi dengan kekuatan minimum 100watt. Feature akan lebih menarik bila diberi lampu untuk tampilan di malam hari. Pilih lampu dengan cahaya yang sesuai konsep kolam.

Kesejukan air juga dapat dihadirkan dengan pasu tanaman air. Gunakan pasu yang besar dan hiasi dasarnya dengan batu warna-warni agar lebih menarik. Padupadankan beberapa tanaman air yang kecil dalam satu pot agar lebih menarik.

Apabila takut menjadi sarang nyamuk, lepas ikan kecil dalam kolam untuk memakan jentik nyamuk. Namun, berhati-hati pada saat memupuk karena ikan dapat terancam mati. Gunakan pupuk slow release dalam bentuk tablet atau prill yang banyak dijual di toko saprotan (sarana produksi pertanian).

Foto : Dok.iDEA

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest