Follow Us

Si Anggun Dendrobium Pemercantik Taman

Devi F. Yuliwardhani - Jumat, 15 November 2013 | 10:00
Si Anggun Dendrobium Pemercantik Taman
Devi F. Yuliwardhani

Si Anggun Dendrobium Pemercantik Taman

Anggrek dendrobium adalah jenis anggrek yang paling banyak dibudidayakan karena relatif mudah dirawat. Dibanding dengan jenis anggrek lainnya, dendrobium paling menyukai sinar matahari. Anggrek ini memiliki ciri khusus. Akarnya memiliki akar udara yang mampu menyerap air dari udara sekitar. Selain itu, akar udara pada anggrek juga memiliki zat hijau daun sehingga dapat membantu proses fotosintesis.

Untuk menanam anggrek ini, gunakan pot dari tanah liat. Pot dari tanah liat dapat menyerap kelebihan air sehingga anggrek dapat terhindar dari penyakit busuk akar. Pastikan pot yang digunakan memiliki lubang untuk memperlancar aerasi dan sirkulasi udara.

Merawat dendrodium sangatlah mudah. Idealnya, tanaman ini disiram 2 kali sehari. Waktu terbaik adalah pada pukul 09.00 dan pukul 15.00. Hindari menyiram dendrobium terlampau pagi atau sore. Perubahan udara (suhu yang lebih rendah) dapat menyebabkan jamur, terutama bila terlalu banyak disiram. Bila cuaca mendung, penyiraman cukup dilakukan sekali dalam sehari.

Foto: iDEA/Licco Indrawan

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest