Follow Us

Tips Pencahayaan untuk Patung Taman

Devi F. Yuliwardhani - Rabu, 19 Maret 2014 | 02:30
Tips Pencahayaan untuk Patung Taman
Devi F. Yuliwardhani

Tips Pencahayaan untuk Patung Taman

Keelokan taman rupanya tak hanya dari softscape yang berupa aneka tanaman saja. Namun, Anda dapat menambahkan aksesori hardscape untuk mempercantik taman. Hardscape tersebut meliputi patung dan stepping stone.

Karena sejatinya, patung pada taman dapat berfungsi sebagai pemberi aksen yang akan menguatkan konsep taman itu sendiri. Agar taman semakin menarik.

Jenis patung pada taman pun ada beberapa jenis, ada patung anak kecil yang sedang bermain, patung wanita, hingga patung tukang kebun. Penempatannya pun tidak boleh sembarangan. Seperti di sudut-sudut taman dan hindari juga tanaman yang terlalu tinggi, agar patung tetap terlihat.

Selain penempatan patung, pencahayaannya juga patut diperhatikan. Dengan pencahayaan yang tepat, dapat membuat taman Anda lebih terlihat menarik dan semakin asri.

Berikut ada beberapa tips pencahayaan untuk patung taman Anda.

Karakteristik Bentuk

Coba perhatikan bentuk dari patung di taman Anda. Zoning atau peletakan cahaya harus tepat sehingga mampu menonjolkan daya tarik patung. Contohnya, pada bentukan patung yang mendongak ke atas, terlihat seperti sedang menerawang. Bila diberi pencahayaan up-light tidak tepat karena terlihat hanya menonjolkan bentuk dagu.

Intensitas Cahaya

Mengatur intensitas cahaya pada patung. Pengaturan volume cahaya dimaksudkan agar patung bisa menjadi focal point taman pada malam hari. Salah satu faktor yang mempengaruhi intensitas sorotan adalah bahan dasar patung itu sendiri.

Misalnya, untuk patung berbahan dasar marmer putih Anda tidak perlu pencahayaan dengan intensitas tinggi. Hal ini karena marmer adalah material yang mampu memantulkan cahaya. Sebaliknya, untuk patung di taman Anda yang berbahan dasar perunggu membutuhkan sorotan cahaya yang cukup tinggi agar tampil menonjol.

Kombinasi Sumber Cahaya

Sorotan cahaya untuk patung bisa disiasati dengan meletakkan beberapa sumber cahaya dengan intensitas rendah. Masing-masing sumber cahaya ini akan menyinari patung dari sudut yang berbeda-beda sehingga akan membuat patung terekspos dengan sempurna. Oleh karena itu, coba pasang lampu sorot dengan sudut sinar yang sempit sehingga detail dan ornamen patung dapat terlihat menarik.

Foto: Dok.Renovasi

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest