Follow Us

Berkebun di Paralon Bekas

Devi F. Yuliwardhani - Jumat, 04 April 2014 | 02:30
Berkebun di Paralon Bekas
Devi F. Yuliwardhani

Berkebun di Paralon Bekas

iDEAonline.co.id - Kegiatan berkebun di rumah selalu menyenangkan. Banyak manfaat yang kita dapat, mulai dari relaksasi pikiran hingga memenuhi beberapa kebutuhan rumah tangga dari hasil kebun kita. Kegiatan tersebut mungkin tidak dapat dinikmati oleh orang banyak, terlebih lagi untuk kita yang tidak memiliki lahan terbuka yang cukup luas. Jika memang iya, jangan khawatir, karena kita dapat memanfaatkan benda-benda di sekitar rumah kita sebagai wadah untuk menanam tumbuh-tumbuhan.

Salah satu benda yang dapat digunakan sebagai "lahan" untuk menanam adalah paralon. Cobalah tengok gudang. Jika kita memiliki paralon bekas yang tidak terpakai, kita dapat segera memanfaatkannya. Yang harus kita lakukan adalah memotong paralon-paralon tersebut menjadi sebuah ukuran yang beragam. Selanjutnya kita dapat menggunakan tanah-tanah siap tanam yang dapat dibeli di kios-kios tanaman terdekat, sebagai media tanam tumbuhannya.

Hal yang harus diingat adalah memastikan agar tanah tersebut tidak tumpah. Oleh karena itu kita bisa mencoba dengan memiringkan paralonnya. Tentunya dengan bagian bawah yang juga sudah disekat. Selain itu pilihlah tanaman yang mudah tumbuh, dan tidak membutuhkan area yang luas untuk tumbuh, misalnya bawang-bawangan. Untuk membuatnya tampil menarik, kita pun dapat menyusunnya dengan menyusun paralon menjadi pola tertentu.

Foto Richard Salampessy

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest