Follow Us

Beginilah Sentuhan Zen dalam Sebuah Taman Tropis

- Sabtu, 29 April 2017 | 03:00
Taman Tropis dengan Sentuhan Zen
idea

Taman Tropis dengan Sentuhan Zen

iDEAonline.co.id - Zen merupakan salah satu aliran Buddha Mahayana. Dalam bahasa Sansekerta 'Zen' dikenal dengan dhyana. Ini merupakan sebuah kondisi batin yang terpusat yang berhasil kita peroleh sewaktu melakukan meditasi. Ini menunjukkan bahwa ajaran Zen sangat menekankan pada aspek meditasi atau Samadhi.

Taman dengan sentuhan Zen ini terlihat dari bagian permukaan tanah yang sengaja dibentuk spiral, kemudian ditengahnya diletakkan bola kaca. Model lingkaran seperti ini mirip dengan salah satu lukisan terkenal yang mewakili seni Zen, yakni Enzo. Sang desainer pun mengakuinya, dengan mengungkapkan bahwa olahan tanah yang berbentuk spiral tersebut merupakan perantara area Zen dan tropis.

Di sudut taman ditempatkan patung bunga bangau yang bersanding dengan artwork berbentuk bola dan tanaman pandan bali (Dracaena draco). Taman ini ditata apik. Sisi depan dipenuhi dengan anek tanaman hias berbagai warna, sementara pada sisi belakang ditempatkan tanaman air pita (Typha angustifolia) dan pisang etiopia (Ensete ventricosum).

Tanaman, artwork, sculpture menjadi sebuah kombinasi yang indah yang membantu pemilik rumah melepas lelah

Sumber : Dok.Idea, id.wikipedia.org

Foto : Melo, Teddy

Properti : Taman milik keluarga Fennyanto, Kawasan Bekasi

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest

Popular

Tag Popular