Follow Us

Juncus effusus spiralis: Si "Rambut Ikal"

Maulina Kadiranti - Minggu, 13 April 2014 | 10:10
Juncus effusus spiralis Si Rambut Ikal
Maulina Kadiranti

Juncus effusus spiralis Si Rambut Ikal

iDEAonline.co.id - Pertama kali melihat tanaman ini, perhatian Anda akan tertuju pada keunikan daunnya. Sesuai namanya Juncus effusus spiralis memiliki daun bergelombang (spiral), menyerupai rambut ikal. Beberapa di antaranya ada pula yang menyerupai pegas, terutama daun-daun yang masih muda.

Warna daun tanaman ini hijau tua segar. Biasanya si "rambut ikal" ini ditanam sebagai hiasan (ornamental plant). Ia termasuk tanaman air, sehingga banyak orang menanamnya di tengah kolam. Meski demikian, ia bisa juga ditanam di pot atau langsung ke tanah.

Juncus effusus spiralis termasuk tanaman kerdil. Pasalnya, ia tidak bisa tumbuh tinggi, maksimal hanya 30cm-45cm. Jika ingin menjajarkan beberapa tanaman, perhatikan jaraknya. Si "rambut ikal" ini memiliki bentangan antara 20cm-30cm.

Butuh Banyak Air

Juncus effusus spiralis termasuk salah satu spesies dari Bangsa Juncus, yang termasuk tanaman air (aquatic). Itu sebabnya ia bisa ditanam di tengah kolam. Karena tergolong tanaman air, maka dalam pertumbuhannya tanaman ini membutuhkan banyak air.

Jika ditanam di pot atau tanah, si "rambut ikal" membutuhkan penyiraman teratur setiap hari. Media tanamnya harus sangat lembap. Ia juga tak menyukai sinar matahari langsung. Jadi tempatkan ia di tempat teduh. Untuk perbanyakan, Juncus effusus spiralis bisa diperbanyak dengan memisahkan akarnya.

Foto: Fardina R. Surai

Editor : Maulina Kadiranti

Latest