Follow Us

Pilah-Pilih Alat Berkebun yang Tepat

Maulina Kadiranti - Sabtu, 24 Mei 2014 | 00:30
Pilah Pilih Alat Berkebun yang Tepat
Maulina Kadiranti

Pilah Pilih Alat Berkebun yang Tepat

iDEAonline.co.id - Anda yang punya hobi berkebun tentu sudah terbiasa mengolah tanah sebelum menanam dan merawat pepohonan. Untuk kehidupan tanaman yang baik, tanah harus diolah dengan tepat. Dengan demikian Anda perlu memilih alat berkebun yang tepat dan efektif sesuai fungsinya.

Proses mengolah tanah terdiri dari membersihkan kotoran, sampah, dan batu-batu. Setelah itu, tanah digemburkan dan diberi pupuk. Agar pupuk tercampur rata, tanah harus diaduk-aduk.

Jenis tanaman juga mempengaruhi proses mengolah tanah. Untuk tanaman perdu, setelah proses yang telah dilakukan di atas, tanah dilubangi. Kemudian barulah Anda bisa menanam bibit tanaman perdu. Sementara untuk tanaman tinggi, sebelum diberi pupuk tanah mesti dilubangi dahulu. Setelah itu diberi pupuk, lalu diaduk. Bibit tanaman tinggi pun bisa langsung ditanam dalam lubang.

Nah, setelah tahu tahapan menanam, sekarang saatnya Anda menentukan pilihan alat mengolah tanah yang efektif untuk jenis tanaman milik Anda. Untuk mendapat alat yang pas, perhitungkan juga budget Anda.

Transplanter

Image: Jaya Anarta Putra

Orang mengenalnya dengan sebutan sekop. Fungsinya mirip cangkul, untuk menebar pupuk, memindahkan bibit dari polybag ke tanah, dan menggali lubang tanam. Transplanter sesuai untuk tanaman perdu, baik yang ditanam dalam pot maupun tanah.

Weeder

Image: St. John's Garden Centre

Kalau permukaan tanah untuk menanam dikotori sisa-sisa akar tanaman, gunakanlah alat ini. Ujung runcing yang menyerupai huruf V ini mampu mencabut dan memotong sisa akar dalam tanah dengan mudah. Alat ini juga berfungsi melubangi tanah.

Halaman Selanjutnya

Cultivator
1 2 3

Editor : Maulina Kadiranti

Latest

Popular

Tag Popular