Follow Us

Rumput Kucai, Solusi Taman Minim Cahaya

- Minggu, 30 April 2017 | 06:00
Rumput Kucai Solusi Taman Minim Cahaya
idea

Rumput Kucai Solusi Taman Minim Cahaya

iDEAonline - Kebanyakan rumput tidak bisa tumbuh dengan baik, bahkan mati bila ditanam di area yang kurang terkena sinar matahari. Bila kurang disinari, biasanya rumput jadi gundul dan taman pun tak sedap dipandang.

Bila Anda pernah atau sering mengalami masalah ini di taman rumah, cobalah atasi dengan menanam rumput kucai di sana.

Rumput kucai (Ophiopogon Japonicus) dikenal sebagai rumput yang bagus dan tahan cuaca. Dengan menanam rumput jenis ini pada taman Anda, rumput akan terasa segar dalam jangka waktu yang lebih lama.

Berbeda dari jenis rumput lainnya, rumput kucai dapat bertahan hidup dengan baik walau kurang terkena sinar matahari. Jadi, tidak salah jika menanam jenis rumput ini di taman yang dinaungi pepohonan rimbun.

Meski dapat bertumbuh baik di area yang minim cahaya matahari, rumput jenis ini sulit berkembang biak. Itulah yang membedakan rumput ini dengan jenis rumput lain yang biasanya cepat menjalar dan lebat. Maka dari itu, beri jarak yang rapat saat menanam rumput kucai.

Selain itu, rumput kucai tidak boleh diinjak-injak. Rumput ini sama dengan tanaman perdu yang bisa mati bila diinjak.

Untuk itu, di antara hamparan rumput ini sebaiknya dipasang pijakan --bisa dari batu pipih atau beton dekoratif. Pijakan atau jalan setapak ini berguna untuk merawat tanaman dan menyiramnya.

Banyak yang bilang bahwa menanam rumput kucai memerlukan dana yang lebih banyak daripada menanam rumput biasa. Namun bila Anda menyukai hamparan rumput yang hijau di taman, rumput jenis ini sangat cocok karena dapat bertahan lama dalam kondisi minim cahaya.

Tertarik untuk mencoba?

Editor : Maulina Kadiranti

Latest