Follow Us

Hias Taman Pinggir Jalan dengan Batu Pondasi

Maulina Kadiranti - Selasa, 24 Juni 2014 | 02:52
Hias Taman Pinggir Jalan dengan Batu Pondasi
Maulina Kadiranti

Hias Taman Pinggir Jalan dengan Batu Pondasi

iDEAonline.co.id - Tepi jalan di depan rumah jangan dibiarkan polos begitu saja. Daripada dipakai sebagai tempat parkir kendaraan tamu tetangga, lebih baik gunakan lahan tersebut untuk menambah keindahan rumah dan lingkungan. Salah satu caranya dengan mentransformasinya menjadi taman pinggir jalan.

Selain tampak cantik dengan tanaman-tanaman hijau dan bunga berwarna-warni, tampilan taman pinggir jalan di rumah Anda juga makin semarak bila didekorasi dengan batu pondasi. Kecantikan taman berhias batu pondasi tampak dari taman di rumah Juniarti di kawasan Gudang Peluru, Jakarta Selatan ini. Menarik, bukan?

Membuat taman pinggir jalan mungil seperti itu tidak sulit, iDEA-Lovers. Untuk pembatasnya, Anda hanya membutuhkan sejumlah batu pondasi, adukan semen-pasir, kompos atau pupuk kandang, dan aneka tumbuhan. Selanjutnya, hal yang perlu Anda lakukan adalah:

Beli sejumlah batu pondasi sebagai pembatas taman. Anda juga bisa menggunakan batu pondasi sisa membangun rumah. Jangan lupa pilih bentuk batunya, sesuaikan dengan desain pembatas taman yang Anda inginkan.Gali permukaan tanah sedalam 20-40 cm agar gembur.Susunlah batu-batu pondasi berjajar di sepanjang bibir jalan. Tambah sedikit adukan semen dan pasir untuk menutup celah antara jajaran batu dan aspal atau paving block. Bila perlu, pasang pula beberapa batu di tengah taman sebagai aksen.Tuang pupuk kandang atau kompos di atas tanah hasil galian. Sesuaikan ketebalannya dengan batu pembatas.Siram tanah yang sudah diberi kompos. Lahan pun siap ditanami.

Beli sejumlah batu pondasi sebagai pembatas taman. Anda juga bisa menggunakan batu pondasi sisa membangun rumah. Jangan lupa pilih bentuk batunya, sesuaikan dengan desain pembatas taman yang Anda inginkan.

Gali permukaan tanah sedalam 20-40 cm agar gembur.

Susunlah batu-batu pondasi berjajar di sepanjang bibir jalan. Tambah sedikit adukan semen dan pasir untuk menutup celah antara jajaran batu dan aspal atau paving block. Bila perlu, pasang pula beberapa batu di tengah taman sebagai aksen.

Tuang pupuk kandang atau kompos di atas tanah hasil galian. Sesuaikan ketebalannya dengan batu pembatas.

Siram tanah yang sudah diberi kompos. Lahan pun siap ditanami.

Jenis tumbuhan apa saja, sih yang dapat ditanam pada taman pinggir jalan? Anda dapat menanam jenis perdu di sana, seperti Jenggot Nabi, Daun Bahagia, Sirih Gading, Sansiviera sp., Bunga Tembelekan, Seruni Jalan, dan Nanas Kerang. Selain itu, taman pinggir jalan bisa juga dihiasi dengan Anggrek Merpati, Simbar Menjangan, atau Angsana Belanda.

Untuk menjaga keindahannya, jangan lupa siram tanaman setiap pagi dan sore, rajin memotong dan merapikannya tiap seminggu sekali, serta menambahkan kompos, pupuk kandang, NPK, atau urea sebulan sekali.

Sumber: Majalah iDEA Edisi 04/01 - Mei 2004 Hlm. 78-79

Editor : Maulina Kadiranti

Latest