Follow Us

Kenalan dengan Elemen Konstruksi Gazebo

Sabrina Alisa - Selasa, 24 November 2015 | 08:21
Kenalan dengan Elemen Konstruksi Gazebo
Sabrina Alisa

Kenalan dengan Elemen Konstruksi Gazebo

iDEAonline.co.id - Orang sering beranggapan, gazebo hanya mungkin dibangun jika kita mempunyai halaman yang luas. Anggapan ini tidak seluruhnya benar. Gazebo juga bisa berada di lahan mungil sekalipun. Namun, tentunya perlu perencanaan yang cermat dan tepat. Selain itu yang patut dicermati adalah elemen konstruksi gazebo. Yap, jangan sampai iDEA Lovers tidak mengetahuinya, lho! Ini penting untuk perencanaan dalam membuat gazebo.

Berikut merupakan elemen konstruksi gazebo yang iDEA Lovers perlu tahu!

1. Atap

Berfungsi sebagai penaung ruang dari air hujan dan sinar matahari. Terdapat berbagai jenis atap. Ada jenis atap joglo, limas, rangka, dan datar. Masing-masing memiliki sistem rangka yang monolit. Rangka menahan beban penutup atap, pergerakkan angin, dan air hujan. Bahan penutup atap terdiri atas rumbia, genteng tanah liat, alang-alang, cor beton, dan metal. Bahan metal dimungkinkan jika konsep gazebo atau jineng menggunakan desain modern.

2. Tiang

Terdapat tiga jenis tiang konstruksi. Antara lain adalah balok kayu (damar laut, besi, dan ulin), batang pohon kelapa, baja, cor beton, dan bambu. Bambu juga sering digunakan, namun perlu mendapat treatment khusus lantaran sifat rongga dalam batang bambu. Ukuran tiang perlu disesuaikan dengan beban atap yang ditanggung. Diamater tiang bundar minimal 20cm-30cm. Tiang berbentuk kayu balok ukuran 15cmx15cm, 15cmx30cm, atau 20cmx25cm. Tinggi tiang berkisar 2m-3m dihitung dari plafon teratas hingga permukaan tanah.

3. Langkan

Elemen konstruksi gazebo selanjutnya adalah langkan. Berfungsi sebagai pelengkap gazebo. Perannya mirip pagar di rumah. Elemen ini memisahkan ruang antara gazebo dan halaman. Material yang digunakan, antara lain kayu, besi, bambu, dan kombinasi. Pagar perlu ringan sehingga tidak membebani struktur dan membuat tampilan menjadi terlihat berat. Cor beton jarang digunakan sebagai pagar gazebo dan jineng lantaran berkesan berat. Tinggi langkan berkisar 40cm-70cm. Pagar itu ditempel ke tiang. Penempelan menggunakan sekrup, dinabolt, atau tali ijuk.

Sumber: iDEA Books, "Gazebo & Jineng"

Sumber foto: lighthom.co

Editor : Sabrina Alisa

Latest