Follow Us

Ingin Menciptakan Atap Hijau (Green Roof)? Simak Dulu 5 Poin Pentingnya

Sabrina Alisa - Sabtu, 15 Oktober 2016 | 06:00
Ingin Menciptakan Atap Hijau Green Roof Simak Dulu 5 Poin Pentingnya
Sabrina Alisa

Ingin Menciptakan Atap Hijau Green Roof Simak Dulu 5 Poin Pentingnya

iDEAonline.co.id - Selain dengan cara membuat taman vertikal, atap hijau (green roof) juga menjadi cara jitu untuk menghijaukan rumah bagi mereka yang tidak memiliki lahan lebih. Apalagi, dunia sekarang ini mengalami perubahan iklim yang cukup mengkhawatirkan sehingga banyak orang yang beralih untuk membuat atap hijau di rumahnya.

Cara ini membantu untuk melindungi rumah, mengurangi polusi, menghemat energi dan memperpanjang umur atap rumah hingga dua kali lebih lama. Dan tentu saja juga menambah gaya ke sebuah hunian.

Bila Anda ingin menciptakan ide yang satu ini, maka simak dulu lima poin penting di bawah ini yang tak boleh terlewatkan.

Poin 1: Perkiraan harga

Pastinya, langkah pertama yang harus Anda ketahui adalah perkiraan biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat green roof. Biaya itu tergantung dari seberapa luas dari atap rumah Anda. Apakah Anda akan menutupi seluruh atap dengan tanaman atau hanya di sebagian sisi saja.

Poin 2: Waktu terbaik membuat green roof

Jangan asal membuat green roof, Anda harus menentukan waktu yang tepat seperti misalnya saat musim tanam. Ga mungkin kan Anda membuat ketika musim hujan. Yang ada green roof yang Anda buat akan berakhir sia-sia.

Poin 3: Ketahui struktur atap rumah

Di samping faktor-faktor struktural, Anda juga perlu mengetahui apakah atap rumah Anda memiliki kemiringan yang tepat untuk dijadikan green roof. Jika atap datar atau miring 30 derajat, itu masih aman. Jangan lebih dari 30 derajat. Anda perlu juga perhatikan posisi dari green roof, apakah tanaman akan mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhannya atau tidak.

Poin 4: Tips penting membuat green roof

Bila Anda sudah membuat green roof, pastikan untuk menyertakan lapisan drainase yang ditempatkan di atas membran dan di bawah lapisan tanah. Lapisan drainase sangat dibutuhkan untuk mengatasi air yang meluber sehingga tidak menimbulkan genangan pada atap. Biasanya lapisan drainase ini dibuat dari campuran kerikil dengan batu apung.

Poin 5: Pemeliharaan

Editor : Sabrina Alisa

Latest