Follow Us

Cara Benar Menanam dalam Pot

Maulina Kadiranti - Selasa, 25 Juni 2013 | 02:15
Cara Benar Menanam dalam Pot
Maulina Kadiranti

Cara Benar Menanam dalam Pot

Saat memilih pot sebagai alternatif media tanam, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya penyesuaian dengan tempat di mana dan bagaimana pot tersebut diletakkan. Tapi untuk menanam tanaman di dalam pot ada beberapa langkah yang harus diikuti agar tanaman kamu tumbuh subur. Berikut langkah-langkahnya:

Pastikan pot memiliki lubang drainase yang cukup.Letakkan beberapa pecahan batu bata merah di dasa pot. Pecahan tersebut berfungsi sebagai pengikat air.Isi pot dengan campuran pupuk kandang, tanah atau sekam dan pasir. Idealnya tanah atau sekam dan pupuk kandang sebanyak masing-masing 40% dari campuran, sehingga 20% lagi untuk pasir.Isikan campuran kurang lebih 1/3 bagian pot, lalu masukkan tanaman.Tambahkan lagi campuran sambil tanaman dipegang terus dengan sebelah tangan. Setelah hampir penuh, tekan campuran perlahan-lahan dengan ibu jari agar tanaman dapat berdiri kokoh.Pot jangan diisi sampai penuh, sisakan sekitar 2cm dari bibir pot agar memudahkan saat penyiramansetelah selesai, siramlah tanaman secukupnya. Dinding luar dan dasar pot dibersihkan dari kotoran dan media tanam yang masih menempel sebelum diletakkan pada tempat yang diinginkan.

Pastikan pot memiliki lubang drainase yang cukup.

Letakkan beberapa pecahan batu bata merah di dasa pot. Pecahan tersebut berfungsi sebagai pengikat air.

Isi pot dengan campuran pupuk kandang, tanah atau sekam dan pasir. Idealnya tanah atau sekam dan pupuk kandang sebanyak masing-masing 40% dari campuran, sehingga 20% lagi untuk pasir.

Isikan campuran kurang lebih 1/3 bagian pot, lalu masukkan tanaman.

Tambahkan lagi campuran sambil tanaman dipegang terus dengan sebelah tangan. Setelah hampir penuh, tekan campuran perlahan-lahan dengan ibu jari agar tanaman dapat berdiri kokoh.

Pot jangan diisi sampai penuh, sisakan sekitar 2cm dari bibir pot agar memudahkan saat penyiraman

setelah selesai, siramlah tanaman secukupnya. Dinding luar dan dasar pot dibersihkan dari kotoran dan media tanam yang masih menempel sebelum diletakkan pada tempat yang diinginkan.

Foto: Adeline Krisanti

Penulis: Bella Wiraniskala

Editor : Maulina Kadiranti

Latest