Follow Us

Langkah Mudah Bersihkan Sofa

Maulina Kadiranti - Sabtu, 31 Mei 2014 | 10:10
Langkah Mudah Bersihkan Sofa
Maulina Kadiranti

Langkah Mudah Bersihkan Sofa

iDEAonline.co.id - Sofa yang tidak pernah dirawat akan berkurang kenyamanannya. Badan bisa gatal-gatal, kulit pun terasa lengket selepas duduk di sofa. Debu dan aroma tak sedap juga bersarang di sana. Kalau sudah begini, tentu Anda ingin membersihkan sofa dengan cara mudah, bukan?

Sofa berbahan kulit --asli ataupun sintetis-- perawatannya lebih mudah, hanya dilap setiap hari. Lain halnya dengan sofa berbahan katun, tenun, atau jenis kain lain yang mudah menyerap debu. Anda perlu menggunakan vacuum cleaner untuk pembersihan harian. Di samping perawatan sehari-hari, sofa juga perlu dicuci secara berkala, yakni tiga sampai empat bulan sekali. Tetapi jika sofa cepat kotor, lakukanlah dua bulan sekali.

Daripada bayar mahal untuk jasa pencucian sofa, lebih baik lakukan sendiri. Tak repot, kok! Berikut ini beberapa langkah mudah bersihkan sofa.

Alat dan bahan:

- Bubuk deterjen

- Sikat pakaian

- Sprayer

- Wet and dry vacuum cleaner

- Hair dryer (untuk mengeringkan sofa dalam ruangan jika tak terkena sinar matahari)

Langkah-langkah pengerjaan:

1. Sedot debu yang menempel pada sofa dengan vacuum cleaner. Saat menyedot debu, tekan sedikit permukaan sofa dengan alat penyedotnya.

2. Semprotkan air dengan sprayer ke atas permukaan sofa. Jarak sofa dengan sprayer jangan sampai terlalu dekat agar sofa tidak terlalu basah. Idealnya, jarak antara sprayer dengan permukaan sofa 30 cm.

Editor : Maulina Kadiranti

Latest