Follow Us

Trik Memilih Pigura yang Tepat

Maulina Kadiranti - Rabu, 02 Juli 2014 | 03:15
Trik Memilih Pigura yang Tepat
Maulina Kadiranti

Trik Memilih Pigura yang Tepat

iDEonline.co.id - Pigura bukan sekadar media yang memudahkan Anda menggantung karya seni di dinding. Menurut Corporate Framing Director A.I. Friedman, Jeffrey Feigenheimer, pigura yang tepat bisa membuat lukisan dan foto tampil semakin menarik.

Sebelum memilih bingkai yang tepat, perhatikan dahulu isi karya seni Anda. Setelah itu, sesuaikan isinya dengan pigura. Berikut ini trik memilih pigura yang perlu Anda ketahui.

Pilihan menarik untuk still life

Lukisan bertema still life bisa tampil lebih menarik dengan beberapa pilihan pigura berikut ini.

Pertama, jika still life yang ditampilkan dalam lukisan tergolong sederhana, Anda bisa menggunakan pigura emas berornamen. Menurut Feigenheimer, lebih baik lagi jika Anda memilih pigura dengan bingkai dalam (lenen atau mat board) berwarna putih, dan beraksen garis emas.

Kedua, salah satu trik memilih pigura adalah pilihlah pigura dengan warna yang ada dalam lukisan atau foto. Carilah warna yang paling menonjol dari foto, kemudian cari pigura metalik dengan warna tersebut. Warna akan semakin mencolok jika Anda tidak menggunakan mat board.

"Sebuah trik yang sederhana adalah dengan memfokuskan diri pada obyek yang mencolok. Dalam kasus ini, semangka. Pilihkan pigura metalik dalam warna semangka. Jika Anda tidak menggunakan mat, warnanya akan punya lebih banyak pengaruh. Pastikan pigura besi berbentuk tipis, Anda hanya membutuhkan sedikit kilap," ujar Feigenheimer.

Ketiga, pilihlah pigura dengan nuansa kayu berwarna gelap. Warna kayu tersebut bisa "menghangatkan" gambar. Cobalah menggunakan mat board berwarna putih agar pigura tidak tampak terlalu "berat".

Keempat, gunakan pigura yang hampir tidak tampak. Pigura semacam ini hanya memiliki garis tipis di ujung pigura, serta mat board berwarna putih yang cukup tebal.

Pilihan menarik untuk pemandangan alam

Dalam trik memilih pigura, untuk lukisan atau foto pemandangan alam, khususnya pemandangan yang tampak lembut seperti laut, cobalah menggunakan pigura besi berwarna. Warnanya disesuaikan dengan isi lukisan. Namun, Anda tidak harus menggunakan warna yang sama dengan isi lukisan.

Pigura semacam ini bisa membuat lukisan tampak lebih modern. Intinya adalah menyeimbangkan isi lukisan. Untuk foto atau lukisan bernuansa biru, pilihlah besi bernuansa merah muda yang hangat.

Editor : Maulina Kadiranti

Latest