Follow Us

Membasmi Jamur Bandel dengan Cengkeh

Maulina Kadiranti - Jumat, 20 Maret 2015 | 00:30
Membasmi Jamur Bandel dengan Cengkeh
Maulina Kadiranti

Membasmi Jamur Bandel dengan Cengkeh

iDEAonline.co.id- Apa yang Anda ketahui tentang cengkeh? Ya, biasanya cengkeh digunakan sebagai salah satu bumbu dapur atau bahan dasar utama rokok kretek di Indonesia. Tapi sekarang Anda tahu, bahwa cengkeh bisa digunakan untuk membasmi jamur dirumah Anda sendiri. Bagaimana caranya? Ternyata yang akan kita gunakan adalah minyak cengkehyang diekstrak dari kuncup, batang, dan daun cengkeh. Minyak cengkeh mengandung senyawa antiseptik yang diebut eugenol yng secara efektif membunuh jamur dan spora. Berikut adalah tips membasmi jamur dengan minyak cengkeh.

1. Gosok area berjamur dengan sikat yang sudah dicelupkan ke dalam air panas. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan jamur yang terlihat dan untuk mempersiapkan area untuk langkah berikutnya. Gosok permukaan dengan kain atau tisu untuk mengangkat sisa jamur dan kotoran.

2. Siapkan larutan 4 gelas air dan 1 sdt. minyak cengkeh dalam botol semprot. Air panas atau hangat akan sama-sama efektif. Agar lebih aman, gunakan sarung tangan untuk melindungi tangan Anda.

3. Semprotkan larutan minyak cengkeh ke daerah yang ditumbuhi jamur hingga benar-benar basah. Biarkan selama 10 hingga 15 menit dan usap dengan kain. Idealnya Anda akan melihat jejak jamur kehitaman turut lenyap.

4. Semprotkan sedikit lagi minyak cengkeh ke permukaan yang sebelumnya ditumbuhi jamur. Kali ini jangan menyeka area tersebut. Minyak cengkeh akan menghambat pertumbuhan jamur dan efektif membunuh spora yang tersisa.

5. Semprotkan larutan minyak cengkeh secara teratur satu atau dua kali per bulan untuk mencegah jamur tumbuh kembali.

Nah, itu dia langkah-langkah membasmi jamur dengan minyak cengkeh. Selain mudah, juga ramah lingkungan, bukan? Selamat mencoba iDEA Lovers.

Sumber : http://www.amazine.co

Editor : Maulina Kadiranti

Latest