Follow Us

Tips Membersihkan Kulkas Sebelum Mudik Lebaran

Anissa Q. Aini - Rabu, 15 Juni 2016 | 09:30
Tips Membersihkan Kulkas Sebelum Mudik Lebaran
Anissa Q. Aini

Tips Membersihkan Kulkas Sebelum Mudik Lebaran

iDEAonline.co.id - Lemari es memiliki peran penting di rumah. Pasalnya, di sinilah berbagai bahan makanan disimpan. Tak heran ia membutuhkan perhatian lebih, saat akan ditinggalkan dalam waktu lama. Saat mudik di hari raya, misalnya. Untuk menghindari bau tak sedap dan tumbuhnya jamur, lemari es perlu dibersihkan, paling tidak satu hari sebelum ditinggalkan.

Tak seperti kegiatan membersihkan biasa. Ada beberapa langkah ekstra yang perlu dilakukan. Agar lebih jelas, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Kosongkan lemari es. Keluarkan bahan-bahan makanan yang mungkin membusuk dan berbau tajam, seperti sayuran, buah-buahan, ikan, dan daging. Jika lemari es Anda belum memiliki teknologi no frost, yang dapat mencegah timbulnya bunga es, bersihkan freezer dari bunga es.Setelah lemari es dalam keadaan kosong, matikan aliran listriknya.Bersihkan setiap permukaannya, bagian dalam dan luar. Pastikan setiap permukaannya dalam keadaan kering.Untuk mencegah bau tak sedap, siapkan wadah berisi baking soda atau bubuk vanili. Letakkan wadah di bagian dalam lemari es.Biarkan pintu lemari es sedikit terbuka, selama ditinggalkan, sehingga terjadi sirkulasi udara yang baik. Ini juga merupakan salah satu usaha menghindarkan lemari es, dari bau tak sedap.

Kosongkan lemari es. Keluarkan bahan-bahan makanan yang mungkin membusuk dan berbau tajam, seperti sayuran, buah-buahan, ikan, dan daging.

Jika lemari es Anda belum memiliki teknologi no frost, yang dapat mencegah timbulnya bunga es, bersihkan freezer dari bunga es.

Setelah lemari es dalam keadaan kosong, matikan aliran listriknya.

Bersihkan setiap permukaannya, bagian dalam dan luar. Pastikan setiap permukaannya dalam keadaan kering.

Untuk mencegah bau tak sedap, siapkan wadah berisi baking soda atau bubuk vanili. Letakkan wadah di bagian dalam lemari es.

Biarkan pintu lemari es sedikit terbuka, selama ditinggalkan, sehingga terjadi sirkulasi udara yang baik. Ini juga merupakan salah satu usaha menghindarkan lemari es, dari bau tak sedap.

Nah, gampang banget kan cara ngebersihinnya? Mudik lebaran pun aman.

Foto: cohomag.com

Editor : Anissa Q. Aini

Latest