Follow Us

3 Pertimbangan Sebelum Membeli Penjernih Udara (Air Purifier)

- Kamis, 13 April 2017 | 06:00
3 Pertimbangan Sebelum Membeli Penjernih Udara Air Purifier
idea

3 Pertimbangan Sebelum Membeli Penjernih Udara Air Purifier

iDEAonline - Udara bersih sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Udara yang terpolusi membuat tubuh keracunan dan sakit. Pada daerah perkotaan, polusi udara biasanya cukup tinggi. Karenanya, untuk memperoleh udara yang bersih pun menjadi lebih sulit, dibandingkan kualitas udara pada area pegunungan.

Di perkotaan, membangun udara yang minim polusi dapat dilakukan secara alami atau buatan. Secara alami, udara dapat dibersihkan dengan cara menanam sejumlah besar tanaman berdaun rimbun. Udara yang terpolusi akan disaring oleh tanaman, kemudian tanaman akan mengeluarkan oksigen murni alami.

Cara modern untuk memurnikan udara dilakukan dengan alat pemurni udara. Sistem kerja alat ini mirip dengan proses alam. Udara terpolusi disaring oleh alat pemurni udara, dialirkan ke sederetan filter, dan dikeluarkan kembali ke udara bebas. Alat pemurni udara ini antara lain membersihkan kembali udara yang terpolusi debu, bau, dan bakteri. Selain itu, beberapa alat pemurni udara telah dilengkapi dengan sistem ion yang dapat menghasilkan udara yang lebih bersih dan sehat.

Oleh karena setiap pemurni udara memiliki spesifikasi berbeda, maka ketika hendak membeli mesin pemurni udara hendaklah diperhatikan beberapa hal berikut:

Luas ruangan: pemurni udara menyirkulasi udara di dalam ruangan. Udara disedot menggunakan kipas dan kemudian dilepaskan kembali. Pemurni udara dengan daya besar, biasanya dapat dipergunakan untuk memurnikan udara pada ruang yang luas. Ketersediaan daya listrik: walau sebetulnya daya listrik pemurni udara tak sebesar daya listrik AC, Anda patut juga memperhatikannya. Mesin pemurni udara bekerja hingga berjam-jam. Jika kebutuhan daya listriknya besar, biaya listrik pun bisa meningkat.Temperatur ruang: mesin pemurni udara biasanya hanya berfungsi untuk memurnikan kembali udara, bukan sekaligus mendinginkan ruang. Jika ingin sekaligus menurunkan temperatur udara, ada baiknya, Anda menggunakan AC yang telah dilengkapi dengan fasilitas pemurni udara. Atau Anda bisa juga menggunakan cara alami agar suhu ruang menjadi sejuk.

Luas ruangan: pemurni udara menyirkulasi udara di dalam ruangan. Udara disedot menggunakan kipas dan kemudian dilepaskan kembali. Pemurni udara dengan daya besar, biasanya dapat dipergunakan untuk memurnikan udara pada ruang yang luas.

Ketersediaan daya listrik: walau sebetulnya daya listrik pemurni udara tak sebesar daya listrik AC, Anda patut juga memperhatikannya. Mesin pemurni udara bekerja hingga berjam-jam. Jika kebutuhan daya listriknya besar, biaya listrik pun bisa meningkat.

Temperatur ruang: mesin pemurni udara biasanya hanya berfungsi untuk memurnikan kembali udara, bukan sekaligus mendinginkan ruang. Jika ingin sekaligus menurunkan temperatur udara, ada baiknya, Anda menggunakan AC yang telah dilengkapi dengan fasilitas pemurni udara. Atau Anda bisa juga menggunakan cara alami agar suhu ruang menjadi sejuk.

Nah, soal perlu atau tidak alat ini dipasang di rumah, kembali ke kebutuhan dan kondisi lingkungan sekitar. Jika saja, udara lingkungan masih dalam ambang batas sebagai udara bersih, mungkin alat ini tidak diperlukan. Jika kondisi udaranya sangat parah, layak juga alat ini dipertimbangkan.

Foto: wanista.com

Editor : Sabrina Alisa

Latest